Mark Zuckerberg Bikin Heboh Indonesia

Revolusi Ilmiah - Jakarta

Zuckerberg atau Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang programer komputer dan pengusaha internet serta pendiri Facebook. Lahir pada tanggal 14 Mei 1984, Zuckerberg mendirikan facebook pada tahun 2004 bersama teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin dan Chris Huges. Yang fenomenal adalah Mark Zuckerberg dianugerahi Person of The Year dari Majalah Time pada tahun 2010. Suami dari Priscilla Chan tersebut pada bulan ini membuat heboh rakyat Indonesia, dengan kedatangannya ke Indonesia, yang salah satu agendanya bertemu dengan Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo.

Revolusi Ilmiah - Mark Zuckerberg saat di Borobudur

Agenda Mark Zuckerberg di Indonesia

Sebagai salah satu tokoh dunia, pastinya tidak sembarangan Mark Zuckerberg datang ke Indonesia, tentunya ada hal menarik dari Indonesia yang membuat beliau menyempatkan waktunya ke Indonesia.

1. Mengunjungi Candi Borobudur

Zuckerberg datang ke Indonesia pada Hari Minggu 12 Oktober 2014 yang selanjutnya beliau mengunjungi salah satu keajaiban dunia di Indonesia yaitu Candi Borobudur. "Saya baru saja tiba di Indonesia kemudian naik ke Borobudur guna melihat matahari terbit. Besok hari saya akan bertemu dengan para pengembang, mitra operator dan pemimpin pemerintahan di Jakarta untuk intenet.org." Tulis Zuckerberg di Facebook. Kita tahu bahwa internet.org adalah aplikasi yang menyediakan akses untuk masyarakat di daerah terpencil supaya mendapatkan akses internet dasar. Saat di India Zuckerber pernah mengatakan, "Kami percaya, konektivitas merupakan sebuah hak asasi manusia dan salah satu tantangan fundamental untuk generasi kita." Seperti ditulis kantor berita AFP.

Revolusi Ilmiah - Zuckerberg dan Joko Widodo

2. Bertemu dengan Joko Widodo

Berselang 1 hari dari kedatangannya, Zuckerberg kemudian bertemu dengan Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo di Kantor Gubernur DKI pada Senin 13 Oktober 2014. Isi pembicaraan mereka adalah bahwa Facebook sebagai salah satu jejaring sosial akan dijadikan salah satu sarana untuk menggerakkan ekonomi mikro di Indonesia. Dengan member lebih dari 70 juta pengguna Facebook dari Indonesia, Zuckerberg sangat bersemangat guna menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Pemerintah Indonesia, karena sangat potensial untuk pengembangan bisnis dan ekonomi, serta pengembangan akses internet supaya dapat dinikmati tidak hanya pengguna facebook tapi juga masyarakat yang ada di pelosok. "Berkomunikasi dengan masyarakat tentang apa yang menjadi fokus perhatian utama, menumbuhkembangkan bisnis dan pekerjaan, serta berdialog antara rakyat dan pimpinan adalah penting adanya." Ujar Zuckerberg.

Semoga dengan kehadiran salah satu milyader muda dari Amerika dapat membawa angin segar untuk perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik, bukan sebaliknya. (mant)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »