Nih, 5 Kesalahan Membuat Skripsi

REVOLUSIILMIAH.COM - Tidak sedikit dari Mahasiswa maupun Mahasiswi yang terlambat kelulusan atau bahkan tidak lulus disebabkan karena mereka tidak menyelesaikan tugas akhir atau skripsinya, ada juga yang menyelesaikan skripsi dengan menggunakan joki. Padahal skripsi di beberapa perguruan tinggi merupakan salah satu prasyarat kelulusan, dengan suatu nilai minimal yang harus diraih. Nah, berikut beberapa kesalahan yang sering dialami ketika membuat skripsi sehingga seringkali skripsi menjadi salah satu momok dalam belajar di suatu perguruan tinggi.

Kesalahan Membuat Skripsi

Revolusi Ilmiah - Membaca buku untuk mencari bahan skripsi
Membaca buku untuk mencari bahan skripsi.
Bagi Anda yang kesulitan membuat skirpsi, saya sarankan untuk membaca 5 kesalahan berikut, karena penting tentunya untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu dengan hasil yang kita inginkan. Orang tua sering mengingatkan bahwa skripsi merupakan bagian kecil dari belajar di perguruan tinggi yang memakan waktu 3-4 Tahun, maukah kita gagal?

1. Mempunyai fikiran bahwa skripsi itu sulit

Pernahkah Anda berfikir bahwa skripsi itu sulit? Apalagi seringkali mendengar pengalaman pahit mahasiswa senior tentang kesulitan skripsi yang lebih sering dibanding cerita mudah tentang skripsi. Tapi sebenarnya skripsi sudah memiliki struktur, metode dan model yang jelas. Kesulitan itu tidak akan terlalu dirasakan jika mahasiswa mengikuti petujuk yang ada di buku-buku panduan penulisan skripsi. Kesalahan kebanyakan mahasiswa pada saat menyusun skripsi adalah kurang memperhatikan panduan yang ada dan lebih mengikuti pendapat seniornya atau melihat langsung skripsi yang sudah jadi. Akibatnya alur logika skripsi tidak bisa ditangkap dengan benar dan menjadi semakin membingungkan.

2. Sering meremehkan skripsi

Bagi sebagian mahasiswa, skripsi justru dianggap sepele. Sikap ke pede an tersebut biasanya melanda mahasiswa yang terglong “cerdas”. Namun perlu diingat, secerdas apapun mahasiswa tetap saja harus mengikuti kaidah-kaidah baku dalam penulisan skripsi. Jadi mahasiswa tidak boleh menulis skripsi hanya menuruti logikanya sendiri. Penting juga kita ketahui, bahwa banyak yang gagal dalam studi gara-gara meremehkan skripsi.

3. Terlalu Idealis

Idealis yang berlebihan juga sering dialami mahasiswa pintar, terlebih yang kutu buku. Mahasiswa jenis ini sering tidak merasa puas jika hanya mengerjakan skripsi “ala kadarnya”. Maka tema yang diangkatpun seideal dan sesempurna mungkin. Namun sebenarnya, skripsi yang baik bukanlah skripsi yang ideal, tapi skripsi yang selesai dikerjakan. Jadi dalam memilih tema, sebaiknya memulai dari pertimbangan yang sederhana, “yang mudah, menantang dan paling diminati". Setelah itu baru memikirkan batasan-batasan ilmiah dan metodologis.

4. Terlalu Bergantung dengan Pembimbing

Seringkali seorang Mahasiswa berfikir bahwa pembimbing skripsi itu Sibuk, killer, kurang peduli, tidak memberi solusi. Namun perlu diketahui bahwa, keberhasilan skripsi tidak tergantung pada pembimbing, tapi pada mahasiswa itu sendiri. Pembimbing hanya pihak yang diberi kewenangan memberikan masukan-masukan metodologis maupun substantif. Jika kebetulan Anda menemukan pembimbing seperti di atas, jangan ambil pusing. Terus saja kerjakan skripsi. Kalau perlu jadikan pembimbing sebagai legitimator skripsi Anda, cukup minta tanda tangan dan persetujuannya saja. Lagi pula pembimbing tidak punya hak memaksakan idenya agar diikuti mahasiswa. Meskipun demikian, pandai-pandailah “berdamai dan bernegosiasi” dengan pembimbing. Bagaimanapun mereka punya kewenangan menentukan “nasib” skripsi yang Anda kerjakan.

5. Jarang berdiskusi dengan Teman

Berdasarkan pengalaman, suatu kesalahan besar jika ada yang berfikir bisa mengerjakan skripsi tanpa bantuan siapapun. Diskusi ringan tentang topik skripsi yang sedang kita kerjakan dengan teman sesama mahasiswa tetap sangat penting. Siapa tahu ada persepsi beda atau informasi penting yang kita tidak tahu. Namun, mesti pandai-pandai memilih teman diskusi. Pilih teman yang kira-kira memiliki wawasan cukup tentang informasi yang anda butuhkan.

Demikian 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh sahabat yang membuat skripsi, semoga tips dan pengalaman tersebut dapat dihindari dan skripsi pun dapat terselesaikan dengan baik dengan hasil yang sesuai harapan. Bagi Anda yang sedang membuat skripsi, penulis berharap semoga dipermudah dan oleh Tuhan. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »