5 Tips Kontrol Diabetes

REVOLUSIILMIAH.COM - Diabetes atau penyakit gula merupakan penyakit yang sering disebabkan karena konsumsi gula secara berlebihan selain akibat kerusakan pada organ Pankreas. Kepastian dari seseorang terkena diabetes dibuktikan dengan pemeriksaan laboratorium, dimana dalam pemeriksaan didapatkan jumlah gula di dalam darah melebihi standar yang ada. Akibat dari seseorang terkena diabetes pun banyak, mulai dari yang ringan sampai berat, mulai dari luka di kaki sulit sembuh sampai kebutaan. Oleh karena itu, diabetes ini perlu dikontrol secara rutin. Nah, bagaimana cara mengontrol gula darah tetap baik? Simak uraian selengkapnya.

Revolusi Ilmiah - Kontrol kadar gula secara teratur
Kontrol kadar gula secara teratur.

Tips Kontrol Diabetes

Mengontrol diabetes sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Berikut tips bagaimana supaya pasien-pasien diabetes dapat terkontrol dengan baik.

1. Mendapat informasi seputar diabetes dengan benar

Mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit yang dimiliki akan membantunya mengelola kondisi tersebut menjadi lebih baik serta mengurangi risiko adanya masalah lain. Salah satu informasi yang sebaiknya didapat adalah apa itu diabetes, faktor risiko dan komplikasinya.

2. Perawatan dan pengobatan diabetes

Jika sudah didiagnosis terkena diabetes, maka carilah dokter yang tepat untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang benar seperti Mengontrol secara teratur, serta jangan ragu untuk meminta dokter Menjelaskan segala hal mengenai penyakit tersebut.

3. Cek rutin kadar gula darah

Salah satu faktor penyebab timbulnya komplikasi adalah karena kadar gula darah yang tidak terkontrol, baik terlalu tinggi (hiperglikemia) atau rendah (hipoglikemia). Tak ada salahnya untuk memiliki alat pengukur kadar gula darah yang bisa digunakan di rumah, sebagai skrining awal diabetes maupun kontrol setiap minggunya.

4. Kontrol diet makanan

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh gaya hidup, untuk itu lakukan pola makan yang tepat dengan Menghindari makanan tertentu yang bisa memperburuk diabetes misalnya gula, Melakukan olahraga teratur, Merawat tubuh dengan baik, Menghindari rokok serta Menghindari alkohol.

5. Kontrol pula tekanan darah dan kadar kolesterol darah

Biasanya diabetes dan penyakit jantung saling berhubungan, karenanya, penting mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol secara rutin pula. Kadar kolesterol yang berlebih dapat menumpuk di sepanjang dinding arteri dan mengakibatkan kegagalan atau serangan jantung bahkan stroke di otak. Oleh karena itu, selain mengontrol kadar gula, sebaiknya juga kontrol tensi dan kadar kolesterol.

Demikian 5 tips mengenai bagaimana cara mengontrol diabetes yang dialami. Apabila dalam proses kontrol tersebut terdapat hal-hal masih perlu dipertanyakan dengan jelas, silakan konsultasikan diabetes Anda dengan dokter Anda, jangan ragu-ragu, karena penanganan dan pengobatan diabetes perlu kesabaran dan ketekunan supaya hasilnya baik. (Lifemojo/M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »