5 Bahan Alami Membantu Obati Sakit Gigi

REVOLUSIILMIAH.COM - Gigi merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Tidak hanya vital, saat ini khususnya gigi menjadi salah satu tren dalam hal kecantikan. Orang rela menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan gigi yang putih, bersih dan sehat. Nah, bagaimana jika gigi mengalami sakit, baik itu akibat kurang terjaga kebersihannya, adanya infeksi maupun peradangan di gigi, atau karena gigi yang berlubang? Tentu saja akan terasa sakit. Bagi mereka yang pernah merasakan sakit gigi, pasti akan berfikir untuk menjaga kesehatan gigi secara baik dan teratur.

Bahan Alami Obati Sakit Gigi

Bagi yang sedang mengalami sakit gigi, kami akan berbagi tentang beberapa bahan Alami yang dapat membantu mengatasi sakit gigi dan berikut 5 bahan alami yang dapat membantu mengatasi sakit gigi yang terasa menyakitkan tersebut.

Revolusi Ilmiah - Cengkih, salah satu bahan alami atasi sakit gigi
Cengkih, salah satu bahan alami atasi sakit gigi. (Foto : ayodibaca)

1. Daun Cengkih

Cengkih merupakan salah satu bahan alami yang memiliki khasiat yang banyak. Selain merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Ternyata pada daun cengkih memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Cara menggunakannya : Cucilah beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi atau bagian gigi yang sakit.

2. Teh Hangat

Dalam sebuah buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan bahwa, teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh hangat dapat membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat tersebut.

3. Bawang Putih

Buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd mengatakan, bawang putih dapat membantu menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Caranya adalah dengan mengambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

4. Akar Kangkung

Siapa yang tidak suka dengan sayur kangkung? apalagi dibuat dalam bentuk Ca. Selain daunnya, ternyata akar kangkung juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi. Cara menggunakannya : Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sendok teh cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

5. Cabe Rawit

Cabe rawit terkenal dengan pedasnya. Dimanfaatkan terutama untuk membuat berbagai macam sayuran dan makanan. Namun ternyata, cabe rawit juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi sakit gigi yang melanda, hal tersebut karena cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Caranya : Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Demikian 5 bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi sakit gigi. Meskipun demikian, menjaga kesehatan gigi dan melakukan kontrol rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi harus dijadikan prioritas utama. (OKW)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »