MENCINTAI BUMI DENGAN 5 R


Pc 1. Recycle (properti.kompas.com)
Apakah itu 5 R? 5 R merupakan patokan bagi kita untuk lebih peduli dan mencintai bumi ini. 5 R lebih merujuk kepada bagaimana kita mengolah bahan yang tidak kita perlukan/sampah, 5 R merupakan gabungan dari Reduce, Reuse, Recycle, Repair dan Replace.  Berikut penjabarannya, semoga bermanfaat supaya kita dapat mencintai dan melestarikan Bumi tempat kita berpijak.

Reduce
Reduce artinya pengurangan penggunaan barang-barang yang dapat merusak atau mencemari lingkungan. Selain itu, Reduce bisa juga berarti belanja yang tidak melebih konsumsi yang dibutuhkan dengan menekan penggunaan kertas, plastik, listrik dan air, bisa juga memilih barang dengan kemasan minimal.

Reuse
Reuse maksudnya pemakaian kembali barang yang sudah tidak digunakan. Aplikasinya bisa berupa mendonasikan buku, mainan atau pakaian layak pakai kepada perseorangan maupun melalui lembaga kemasyarakatan yang membutuhkan. Hal ini selain mengurangi sampah yang ada di dalam rumah, juga sebagai bentuk aksi sosial, bukti kepedulian kita terhadap sesama.

Recycle

Recycle merupakan upaya mendaur ulang barang. Beragam jenis sampah di rumah dapat didaur ulang. Sampah organik bisa diolah menjadi kompos. Bekas gelas air mineral diubah menjadi pot tanaman atau kertas korang dibuat menjadi kertas daur ulang. Pada prinsipnya, agara barang yang sudah dibuang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.



Replace
Replace yaitu upaya mengganti produk yang digunakan sehingga lebih aman dan ramah terhadap lingkungan. Produk sehari-hari misalnya sabun dan sampo dapat dipilih yang mengandung bahan alami atau pembersih perabot rumah tangga yang tak mengandung racun. Usahakan produk minim kemasan atau anda membelinya dalam kemasan besar sekaligus.

Repair
Repair dapat diartikan sebagai upaya untuk memperbaiki barang yang penting demi menjaga  lingkungan. Tujuannya agar barang dapat kembali digunakan dalam waktu lama atau menjaga kestabilan lingkungan. Banyak aplikasi sederhana yang dapat dilakukan mengenai repair ini, mulai dari yang simple sampai yang kompleks. Misalnya saja menjahit baju robek, mereparasi jam rusak atau menjilid buku lama. Upaya lebih besar dapat berupa reboisasi hutan gundul maupun menggalakkan penanaman pohon bakau di hutan mangrove pesisir pantai.

Demikianlah beberapa cara untuk mencintai dan melestarikan lingkungan kita, harapan ke depan adalah bagaimana kita bisa menjadikan bumi tempat kita huni menjadi bumi yang nyaman, sejuk dan sehat untuk kita tinggali. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »