Keren, Buku Tua Disulap Jadi Media Tanam


Apakah rak buku anda telah penuh dengan buku-buku usang yang sudah tidak pernah anda baca lagi serta tidak mungkin dimanfaatkan lagi di kelak kemudian hari? Yah,…seperti buku-buku komputer usang yang sudah out of date seperti buku aplikasi windows 95 ato 98 yang tebal serta tidak mungkin dapat dimanfaatkan lagi.



Mungkin secara instant anda akan berpikir untuk membuang buku itu begitu saja ke tempat pembuangan sampah atau paling tidak anda akan menjualnya ke tukang loak dengan harga sangat miring, sekian ribu rupiah per kilonya. Sayang memang, tapi itulah yang kebanyakan dilakukan oleh kita saat bersih bersih rumah untuk menambah space ruangan kamar yang telah penuh sesak dengan barang-barang serta buku-buku usang.



Namun kini ada sebuah ide cemerlang untuk menyulap buku tua yang sudah tidak bermanfaat ini menjadi sebuah pot unik yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Aneh memang, tapi itulah ide cemerlang yang dilakukan oleh sebagian orang untuk memanfaat barang bekas ini sebagai interior yang dapat menambah kesan eksentrik di rumahnya.

 



Langkah pembuatan pot unik ini cukup mudah, yakni dengan memotong atau melubangi bagian tengah buku dengan menggunakan pisau atau alat pemotong lainnya, kemudian diisi dengan media tanam seperti layaknya kita membuat media tanam dalam pot bunga kita (campuran tanah, sekam, pupuk kandang) atau media lainnya seperti cocopeat, arang pakis dll sesuai dengan tanaman yang akan kita tanam.

Penggunaan buku bekas sebagai pot unik ini selain memiliki kelebihan tentu juga memiliki kekurangan dalam beberapa hal diantaranya: rentan rusak karena serangan rayap, serta mudah rusak apabila kita terlalu banyak menyiram air saat kita menyiram tanaman kita, tapi apapun kekurangannya anda dapat mencobanya dan berimprovisasi sesuai dengan kreasi anda! Selamat mencoba 






selamat mencoba. (azmy)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
21 March 2014 at 20:05 delete

wah kreatif om.... tapi apa bisa tahan lama yah.

Reply
avatar