3 Tips Perilaku yang Membuat Hidup Sehat (CaDok 4-2)

Kesehatan - Ceria Tanpa Rokok

Salatiga-Salam Sehat,
Pembaca Setia Revolusi Ilmiah yang berbahagia, pada seri lanjutan kali ini kita akan membahas mengenai 3 Tips perilaku yang membuat hidup sehat, bagi yang belum membaca seri awalnya silakan klik disini.

Di era perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini, mau tidak mau manusia mengalami perubahan pola hidup dan sosial kemasyarakatan, pergaulan serta pekerjaan. Sehingga banyak yang tidak ada waktu untuk menjaga kesehatannya, bahkan ada pula yang melakukan perilaku menyimpang. Oleh karena itu perlu adanya kebiasaan yang kita jaga dengan baik apabila itu merupakan kebiasaan yang baik dan benar, sebaliknya perlu kita hindari kebiasaan yang apabila kita laksanakan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

1. Membiasakan Diri untuk Menghindari Narkoba. Narkoba (Narkotika dan obat/bahan berbahaya) atau Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) merupakan kelompok senyawa yang mempunyai kecenderungan untuk membuat kecanduan pemakainya. Bahkan semakin hari semakin banyak saja penggunanya, dan hampir disetiap kalangan baik. Beberapa jenis Narkoba ini diantaranya morfin, ganja, kokain, opium, codein, ekstasi, alkohol, sedangkan beberapa efek dari narkoba ini diantaranya: Berhalusinasi, Stimulan (Menyebabkan Jantung dan Otak bekerja lebih cepat), Depresan dan Adiktif/Kecanduan. Berdasarkan data BNN 2013 terdapat lebih dari 4 juta pengguna Narkoba. Kita bisa membayangkan bagaimana generasi yang sudah terjangkit narkoba, bagaimana masa depan mereka. Oleh karena itu perlu adanya suatu kebiasaan diri menghindari penggunaan Narkoba, mengenalkan bahaya narkoba sejak usia dini perlu juga kita lakukan.

2. Membiasakan Diri untuk Tidak Merokok. Kita mengetahui bahwa rokok mengandung lebih dari 4000 zat, diantaranya berbahaya bagi kesehatan, misalnya: Tar (Karsinogenik/Faktor resiko kanker), Nikotin (Suatu zat adiktif yang mempengaruhi peredaran darah dan saraf), Karbon Monooksida (Zat yang dapat mengikat Oksigen dalam darah, sehingga darah akan kekurangan oksigen), Butane (Bahan bakar korek api), DDT (Racun serangga, yang apabila jumlahnya berlebihan masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan kematian) serta masih banyak lagi. Menurut Health Metrics adan Evaluation (IHME) University of Washington di seluruh Dunia terdapat lebih dari 52 juta perokok pada tahun 2012. Bahkan di Indonesia menurut Menteri Kesehatan menduduki peringkat kedua terbanyak di dunia untuk perokok laki-laki. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah para perokok mengetahui bahaya dari merokok tersebut? Selanjutnya mengapa mereka tidak dapat menghindarinya? Itulah dilema dalam kehidupan ini. Tentu saja apabila kita ingin hidup sehat maka seharusnya kita membiasakan diri untuk menghindari rokok, bukankah uang yang dikeluarkan untuk rokok, jauh lebih bermanfaat apabila kita gunakan untuk membeli barang yang lebih bermanfaat untuk keluarga kita?

3. Membiasakan Diri untuk Tidak Berhubungan Seks di Luar Nikah. Seperti dalam Manajemen Stress pada seri sebelumnya, salah satu yang disarankan adalah memiliki pasangan yang sah, tentu saja melakukan hubungan seks pun dengan pasangan yang sah. Hal ini perlu untuk dibiasakan, karena dengan seks di luar nikah maka akan meningkatkan resiko untuk terkena penyakit menular seksual (PMS) seperti Sifilis, Gonore, serta yang lebih berbahaya lagi dan sampai sekarang belum ada obat yang dapat menghilangkan penyakit tersebut yaitu HIV/AIDS. Sebenarnya bukan hanya perilaku seks di luar nikah, tetapi perilaku seks yang menyimpangpun sebaiknya tidak dilakukan, karena juga dapat meningkatkan resiko penyakit tersebut. Dengan berhubungan seks yang sehat akan menciptakan keluarga yang sehat pula, bahagia dan tenteram, sehingga membiasakan diri berhubungan seks dengan pasangan yang sah harus dilakukan. 

Demikian tips-tips mengenai perilaku yang harus dibiasakan supaya hidup kita sehat serta hal-hal yang perlu kita hindari. Dan sering saya sampaikan bahwa sebenarnya kesehatan tidaklah mahal apabila kita mengetahui bagaimana cara supaya tetap sehat. Semoga bermanfaat dan apabila ada hal perlu ditambahkan dalam serial tulisan saya kali ini, silakan meninggalkan komentar anda. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Picture from: RobbyKW Properties (Ceria Tanpa Rokok)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »