USG yang Aman bagi Bunda Hamil (CaDok 2)


USG untuk Generasi Unggulan by Revolusi Ilmiah
Salatiga-Salam Sehat
Pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit mengenal mengenai Ultrasonografi atau USG, banyak yang menanyakan mengenai USG ini terutama Bunda yang sedang hamil. Apa itu USG, macamnya ada berapa, berbahaya atau tidak dan berapa kali dianjurkan untuk USG selama kehamilan. Saya coba ulas sedikit mengenai USG ini, semoga bermanfaat dan bisa memantapkan Bunda untuk menjalani kehamilannya.

USG adalah suatu alat medis yang memanfaatkan gelombang ultrasonik (gelombang suara lebih dari 20 ribu Heartz) untuk mendapatkan suatu pencitraan yang kemudian dibaca oleh tenaga medis. Sehingga USG ini tidak menggunakan sinar X (seperti pada Rontgen) sehingga aman untuk janin. Gelombang USG memiliki lamda 0,1-0,5 mm, semakin pendek gelombang suara, semakin baik resolusi gambarnya. Selama kehamilan disarankan untuk USG cukup 3 kali (saat 10-12 Minggu, 20-22 Minggu dan 30-32 Minggu), kecuali pada kondisi khusus semisal kehamilan di luar kandungan, kehamilan kembar, kehamilan dengan resiko penyakit.
Alat USG saat ini ada beberapa jenis, diantaranya:

1.  USG 2 Dimensi
USG ini menampilkan gambar 2 bidang (memanjang dan melintang). Apabila kualitas gambarnya baik, maka semakin baik pula tampilan keadaan janinnya, maupun sebaliknya.

2.  USG 3 Dimensi
USG 3 Dimensi lebih dapat menampilkan keadaan janin secara nyata atau mirip aslinya, karena ada tambahan satu bidang gambar yaitu koronal. Hal ini memungkinkan gambar yang ditampilkan dapat diputar (tentu saja gambarnya yang dapat diputar, bukan janinnya) sehingga melihat janin bisa dari posisi yang berbeda.

3.  USG Live 3 Dimensi
USG ini menampilkan gambar 3 Dimensi secara bergerak (live 3D), sehingga kita dapat melihat dan membayangkan lebih detail mengenai kondisi janin saat itu juga.

4.  USG Doppler
USG Doppler digunakan terutama untuk pengukuran aliran darah, terutama aliran tali pusat. Alat ini digunakan untuk menilai keadaan atau kesejahteraan janin. Apa saja penilaian kesejahteraan janin? Penilaian kesejahteraan janin meliputi : Gerak Nafas Janin, Tonus (Gerak Janin), Indeks Cairan Ketuban (Normal indeks satu kantong terdalam 2-8 cm atau metode 4 kuadran 5-25 cm), Doppler arteri umbilikalis dan Reaktivitas Denyut Jantung Janin. Dengan menilai kesejahteraan janin maka kita dapat menentukan bagaimana kondisi janin sebenarnya, hal tersebut jangan sampai terlewatkan pada saat ini melakukan USG.

Sebagai tambahan khazanah pengetahuan kita, kita juga perlu mengenal jenis-jenis pemeriksaan USG. Pada umumnya USG yang sering dilakukan adalah transabdominal dan trasvaginal, tapi ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan dengan USG yaitu transperineal/translabial, transrektal dan pemeriksaan USG invasif.

Adapun manfaat dari USG dapat kita lihat dari perkembangan Janin per Trimesternya.
Trimester Pertama

  • Menentukan usia kehamilan dengan mencocokkan ukuran bayi
  • Menentukan kondisi bayi jika ada kemungkinan kelainan atau cacat bawaan
  • Meyakinkan adanya kehamilan
  • Menentukan penyebab perdarahan atau bercak darah sedini mungkin pada kehamilan muda, semisal kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan)
  • Mencari lokasi alat KB yang terpasang saat hamil, misanya IUD
  • Menentukan lokasi janin, di dalam kandungan atau di luar kandungan
  • Menentukan kondisi janin jika tidak ada denyut jantung atau pergerakan janin
  • Mendiagnosis adanya janin kembar bila rahimnya terlalu besar
  • Mendeteksi berbagai hal yang mengganggu kehamilan, semisal adanya kista, mioma dan sebagainya.
Trimester Kedua

  • Melakukan penapisan cacat bawaan secara menyeluruh
  • Menentukan lokasi plasenta
  • Menilai volume cairan ketuban
  • Mengukur panjang cerviks
Trimester Ketiga

  • Menilai kesejahteraan janin
  • Mengukur biometri janin untuk taksiran berat badan
  • Melihat posisi janin dan tali pusat
  • Menilai keadaan dan letak plasenta
  • Memeriksa kondisi janin lewat pengamatan aktivitasnya, gerak nafas, banyak cairan amnion dan sebagainya
  • Mencari cacat bawaan yang mungkin baru tampak pada trimester ketiga.
Demikian beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai USG khususnya untuk Bunda yang sedang hamil, harapannya adalah dengan adanya pemeriksaan USG ini lebih mudah, cepat dan aman dalam mengetahui kondisi janin yang dikandungnya. Karena mencetak generasi unggulan akan melewati masa kehamilan pula, kalau masa ini bisa berlangsung dengan baik, maka satu tiket mencetak generasi unggulan sudah kita kantongi. Bagi Bunda yang sekarang sedang hamil, jaga kondisi, jaga psikis, tetap fokus untuk kehamilannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan.

Agung Hari Wibowo
General Practitioner of Mangunsari Community Health Center, Salatiga

Picture from Robby KW Properties (Foto USG)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »