4 Ramuan Alami untuk Sakit Maag

Hidup Sehat - Sakit maag sangat menyiksa
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Sakit Maag atau Sakit Lambung umumnya merujuk kepada penyakit Gastritis, yaitu adanya perlukaan pada lambung, umumnya disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, infeksi bakteri, konsumsi obat-obatan perusak lambung, konsumsi alkohol berlebihan, pola tidur tidak teratur dan stres (Baca : Cara mudah mengatasi stres dan depresi). Gejala yang sering timbul akibat sakit maag ini adalah Perut sakit saat buang air besar, Mual dan muntah, Sering merasa lapar, Perut terasa kembung, Nyeri ulu hati hilang timbul namun pada kasus yang parah dapat bertahan lebih lama, Sering bersendawa. Pengobatan secara medis lebih cenderung menggunakan bahan-bahan kimia, yang terkadang memberikan efek kurang baik terhadap lambung maupun organ lain apabila tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Pada info hidup sehat kali ini, kita akan membahas tentang ramuan dari bahan alami yang dipergunakan untuk mengatasi sakit maag tersebut, seperti ditulis dalam buku Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Keluarga oleh Kementrian Kesehatan RI tahun 2010.

Ramuan Alami Sakit Maag

Hidup Sehat - Kunyit

1. Ramuan I

Bahan :
  • Kunyit (dipilih yang tua) sebanyak 2 jari tangan
  • Air matang sebanyak 1/2 cangkir
Cara Pembuatan : Kunyit dikupas dan dibersihkan, kemudian dikukur atau diparut dan ditambahkan air matang. Setelah itu diperas melalui kain bersih. Didiamkan, setelah itu air beningnya diambil.
Cara Pemakaian : Untuk Dewasa : Diminum 1/2 Cangkir, 2 kali sehari, pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur. Sebaiknya ditambah dengan madu sebanyak 1 sendok makan sekali minum.

Hidup Sehat - Kunci Pepet

2. Ramuan II

Bahan :
  • Kunci pepet sebanyak 7 umbi
  • Air matang sebanyak 1/2 cangkir
Cara Pembuatan : Kunci pepet dikupas dan dicuci. Kemudian ditumbuk, ditambah air matang dan diperas melalui kain bersih. Beningnya saja yang diambil.
Cara Pemakaian : Dewasa : Minum 2 kali sehari @ 1/2 cangkir atau 1 ramuan, pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

Hidup Sehat - Daun sembung

3. Ramuan III (Apabila sakit perut akibat terlambat makan)

Bahan :
  • Daun sembung segar sebanyak 4 lembar
  • Minyak kayu putih sebanyak 2 tetes
  • Air sebanyak 1 gelas
Cara Pembuatan : Daun sembung didihkan dengan air sehingga tinggal 1/2 gelas, kemudian dicampur dengan 2-3 tetes minyak kayu putih.
Cara Pemakaian : Dewasa : diminum seperti air teh, dapat diulang sehari 2 kali sampai keluhan sakit hilang.

Hidup Sehat - Daun sembukan

4. Ramuan IV (Apabila sakit perut akibat terlambat makan)

Bahan :
  • Daun sembukan (Daun kentutan) sebanyak 25 lembar
Cara Pembuatan : Daun sembukan dikukus lebih dahulu, jangan direbus, dikarenakan jika direbus maka khasiatnya akan berkurang.
Cara Pemakaian : Dimakan seperti lalapan. Boleh bersama dengan buah dan sayur yang lain namun usahakan jangan pedas maupun asam.

Demikian 4 ramuan alami untuk membantu mengatasi keluhan sakit maag, selain dari obat alami tentu saja, pola hidup sehat dengan makan cukup dan teratur, menghindari makanan pedas dan asam, hidup teratur dan manajemen stres, serta makan dalam porsi kecil saat keluhan sakit perut dialami. Apabila keluhan masih berlanjut dengan ramuan alami tersebut, sebaiknya tetap berobat ke dokter terdekat, sebagai pencegahan supaya penyakit maag tidak bertambah parah. Ramuan alami memang sekarang ini sedang banyak dilakukan penelitian, karena ternyata kekayaan lokal Indonesia memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda dengan obat konvensional. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2, 3, 4, 5

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »