Empat Cara Mudah Mengatasi Stres dan Depresi

Hidup Sehat - Stres bisa karena fisik maupun psikis
Pernahkah Anda mengalami stres? Bahkan sampai depresi? lalu bagaimana Anda menyelesaikan permasalahan yang membuat anda stres dan depresi? Kita mengetahui bahwa problematik kehidupan masing-masing orang tentu berbeda, tidak ada yang sama persih, mungkin mirip pun juga tidak ada. Oleh karena itu orang yang paling tahu permasalahan dan solusi sebenarnya orang itu sendiri, tapi terkadang solusi yang diambil bukanlah solusi yang terbaik. Pada info sehat kali ini akan dibahas mengenai stres, depresi dan solusinya, seperti pada tulisan dr. Rachmat Purwata, Sp.KJ dari Rumah Sakit Santosa Bandung dengan perubahan seperlunya.

Stres dan Depresi
Stres merupakan suatu perubahan yang sifatnya fisiologis yang terjadi akibat adanya paparan ataupun terstimulasi oleh suatu trauma, baik itu trauma fisik maupun psikis. Oleh karena itu sebenarnya stres ini pasti dialami oleh setiap orang, dan merupakan reaksi yang wajar sampai tubuh yang mengalami stres tersebut kembali ke kondisi normal (General Adaptation Syndrome). Hal tersebut didasari pada hakikat sebenarnya tubuh normal itu seimbang dan selalu mengkondisikannya dalam keadaan seimbang (sistem Homeostatis), oleh sebab itu apapun yang terjadi dalam tubuh berupa stres atau tekanan itu akan diusahakan oleh tubuh untuk kembali normal, bahkan manusia normal pasti mengalami stres. Bahkan hubungan stres pada manusia:
  1. Manusia itu sanggup mengalami stres dalam jumlah tertentu
  2. Salah satu sifat manusia adalah dia akan berkembang pada saat diberikan tantangan
  3. Kondisi yang lebih Bahagia terkadang datang pada saat didahului dengan stres
  4. Menyelesaikan stres akan mengalami perkembangan yang baik apabila diselesaikan dengan ketekunan dan karakter untuk mengatasi stres dimasa mendatang.

Namun, apabila stres tersebut terjadi dalam jangka waktu yang relatif panjang atau lama, dengan kuantitas yang berat bahkan gagal dalam menanggulanginya maka seseorang tersebut akan jatuh dalam kondisi depresi, beberapa tanda-tanda seseorang yang mengalami depresi yaitu:
  • Sering merasa sedih
  • Murung berkepanjangan
  • Tidak bergairah untuk hidup
  • Semangat kerja menurun bahkan hilang
  • Kurang dapat bersyukur
  • Gangguan pola tidur bahkan sulit tidur
  • Gangguan pola makan, ditandai dengan berat badan turun
  • Konsentrasi menurun
  • Merasa tidak berguna
  • Pada kondisi yang berat, dapat memikirkan kematian lebih baik daripada hidup dan melakukan tindakan bunuh diri.

Hidup Sehat - Waktu luang dengan keluarga
Solusi Mengatasi Stres dan Depresi
Setelah kita mengetahui begitu bahayanya kondisi stres yang sampai dengan depresi, maka perlu untuk mencari alternatif solusi mengatasi, stres memang tidak bisa dihindari, tetapi jangan sampai stres tersebut menjadikan seseorang depresi, berikut 4 alternatif solusinya:
  1. Hiduplah dalam keseimbangan, baik secara waktu maupun pekerjaan, baik untuk Ibadah, Pekerjaan dan Rekreasi atau Liburan.
  2. Beristirahatlah yang cukup dan berkualitas. Istirahat malam yang cukup dan berkualitas yang disarankan adalah untuk tidur 4-8 jam tanpa terputus dengan posisi tidur yang baik.
  3. Pemikiran yang positif (Positive Thinking) terhadap berbagai keadaan yang dihadapi, baik keadaan enak maupun susah.
  4. Berkonsultasilah kepada Ahlinya (Misalnya: Dokter, Psikiater, Pemuka Agama, Konselor Sebaya) apabila mengalami stres yang Anda rasa cukup berat bahkan berkepanjangan, meskipun pada akhirnya Tuhan dan Anda lah yang menentukan, tetapi minimal Anda mendapatkan solusi yang lebih baik.

Demikian pengertian stres, depresi dan alternatif solusi yang dapat diberikan pada kesempatan kali ini. Harapannya Sahabat semuanya dapat mengatasi stres yang terjadi dengan solusi yang terbaik, sehingga tidak sampai menjadi depresi yang berkepanjangan. Sekali lagi, bukankah sehat itu tidak harus mahal. Tuhan selalu bersama orang-orang yang yakin dan melaksanakan apa yang diperintah Nya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »