6 Hal Yang Harus Anda Ketahui Untuk Sukses Bertani "Singkong Gajah"

Revolusi Ilmiah - AYO BERTANI
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat Pertanian
Bagi pecinta pertanian, Apakah anda sudah mengenal dengan jenis tumbuhan ubi singkong dengan nama "singkong gajah"? Ya ubi singkong jenis ini termasuk jenis yang paling unggul, di sebut gajah memang ukurannya yang besar. Karena singkong gajah mampu bertumbuh hingga mencapai berat 50 kg per pohonnya. Wao... cukup mengesankan bukan?

Apakah anda ingin mencoba menanam jenis ubi tersebut? Sebelum anda mencoba untuk menanamnya, penting untuk anda mengenal terlebih dahulu tentang karakteristik dari singkong gajah itu sendiri. Dan berikut 6 hal yang penting untuk anda ketahui, agar uji coba bercocok tanam singkong gajah anda sukses :

1. Harus Terkena Tinar Tatahari Full
Salah satu jenis tanaman yang akan tumbuh maksimal jika terkena sinar matahari secara full. Jangan sampai singkong gajah ini diteduhi oleh apapun yang menghalangi sinar matahari terkena langsung. Jika hal tersebut masih anda lakukan. Prosentase yang besar akan tumbuh tidak maksimal.

2. Tidak Mampu Berkembang di Musim Kemarau
Sebaiknya jika anda ingin mencoba menanamnya, lakukan di awal musim penghujan. Karena kebiasaan singkong gajah yang tidak berkembang dengan baik saat musim kemarau.

3. Tanah Harus Gembur
Seperti singkong - singkong jenis lain, singkong gajah mampu berkembang besar jika tanahnya gembur. Karena jika tanah keras akan menghambat perkembangan ubinya.

4. Tanah Harus Memiliki Unsur Hara Yang Berlebih
Singkong jenis ini memerlukan unsur hara yang banyak. Oleh karenanya di dalam pengolahan tanah sebaiknya anda memberikan unsur hara yang baik seperti pemberian pupuk kandang atau kompos. Karena jika unsur haranya kuarang, bisa saja singkong ini tumbuh hanya sebesar singkong biasa.

5. Hindari Genangan Air Yang Berlebihan
Singkong adalah jenis tanaman yang tidak tahan air, untuk itu singkong tidak dapat tumbuh di rawa. Oleh karenanya anda harus pandai - pandai memperhitungkan debit aliran air. Karena bisa saja anda gagal panen dikarenakan singkong membusuk dengan genangan air yang cukup lama.

6. Sterilkan Dari Rumput Liar
Seperti tanaman pada umumnya, anda harus rajin - rajin mencabuti rumput liar yang ada di sekelilingnya. Karena rumput menjadi pesaing yang handal untuk merebutkan unsur hara yang ada. Keberadaan rumput sangan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Itu tadi 6 hal yang harus anda pahami sebelum untuk memutuskan mencoba menanam singkong gajah. Semoga Bermanfaat... Ayo Bertani Pangan Lokal... (r.a)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »