Hidup Sehat dengan Hobi Membaca

Hidup Sehat dengan Hobi Membaca
Revolusi Ilmiah-Salam Sehat

Pembaca yang berbahagia, seberapa seringkah anda membaca buku, tulisan atau artikel setiap hari? karena ternyata dengan membaca buku yang berkualitas ternyata punya beberapa manfaat yang dapat dipetik, selain menambah khazanah pengetahuan, sekedar bersenang-senang namun juga ada manfaat kesehatan yang diperoleh. Pada info hidup sehat kali ini kita urai 4 manfaat membaca yang sangat mengagumkan seperti dilansir dailyhealthpost dengan judul 4 Surprising Ways Reading Is Good For You.

1. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood. Kita mengetahui bahwa dengan sering kita membaca, maka pengetahuan kita akan bertambah mengenai apa yang kita baca. Terlebih bacaan-bacaan kita yang menyajikan informasi-informasi yang baik dan benar. Bahkan dalam hal mengurangi stress, membaca jauh lebih efektif dibandingkan dengan mendengarkan musik klasik, menonton televisi maupun bermain games. Dengan membiasakan diri hobi membaca maka tentu saja kita akan memiliki umur yang panjang dengan stress yang minimal, betul?

2. Meningkatkan Daya Ingat. Hidup sehat selalu berkaitan dengan ingatan yang baik, sudah sewajarnya orang yang sehat memiliki daya ingat yang baik, sebagai contoh, terkadang kita lupa menaruh kunci motor atau mobil, bahkan lupa meletakkan peralatan makan, dapur maupun buku. Dengan hobi membaca, orang akan lebih baik ingatannya 30% dibandingkan dengan orang yang tidak hobi membaca, dengan demikian apabila kita ingin memiliki ingatan yang baik maka hobi lah membaca.

3. Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kematian (apoptosis) sel-sel otak sehingga mengakibatkan otak seseorang mengecil, penyakit ini tidak menular tetapi sangat mengganggu, terutama orang tua. Dengan hobi membaca maka kematian-kematian sel otak dapat dicegah, karena tentu saja saraf otak yang sering digunakan terutama untuk membaca akan lebih tahan terhadap kematian sel. Hidup sehat dengan meminimalisasi kematian sel merupakan salah satu hal yang sangat diharapkan. Sehingga menjalani masa lanjut usia dengan optimal.

4. Menjadikan Pikiran Santai dan Mudah Tidur. Pada saat membaca terutama bacaan yang ringan dan humor maka pikiran kita akan lebih santai atau rileks. Setelah seharian bekerja tentu saja kita perlu untuk membuat kondisi pikiran kita lebih santai, yang tujuannya agar pada saat tidur bisa nyenyak, tidur yang berkualitas, itulah salah satu hidup sehat yang kita inginkan. Oleh karena itu sebaiknya setelah menjalani aktivitas sebaiknya sebelum tidur membaca bacaan yang ringan sehingga kita menjadi rileks dan tidurpun bisa lebih baik.

Demikian info hidup sehat kali ini, jadikan membaca sebagai hobi, kesenangan maupun aktivitas yang rutin kita lakukan dan semoga manfaat dari membaca seperti diuraikan di atas dapat kita dapatkan. Hidup Sehat dengan Hobi Membaca adalah kebiasaan yang perlu dilestarikan, apakah anda sepakat? (M-ANT)

Picture : duniabundaharum.blogspot.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »