Makna Kebesaran dan Kemuliaan "Uzlah"

Revolusi Ilmiah
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
UZLAH memiliki banyak faedah yang melimpah, diantaranya : mengkonsentrasikan "hati" untuk mentaati Tuhan, menjauhkan lisan, pendengaran terhadap sesuatu yang kotor, mengubur bayak penyakit "hati", selamat dari penyia-nyiaan waktu yang merupakan pemberian paling berharga dari sikap keputusasaan. Selain itu, sanggup mengungkung pemikiran untuk memperoleh pencerahan, meninggalkan kebanyakan orang demi jalan terang, jauh dari rasa waswas, dapat memalingkan pandangan yang dari perhiasan dunia, selamat dari anggapan baik orang banyak tentang keindahan yang di kutuk Allah, dan kilauan tipu daya yang di cela-Nya. 

UZLAH merupakan pengosongan "hati" dari kegelisahan, pembersihan otak dari kotorannya pikiran. Penenangan batin dari banyaknya kegalauan, hingga kemampuan akal untuk menelaah berbagai hikmah.

UZLAH merupakan kesiapan untuk menjemput kematian. kesediaan untuk menghadapi kehilangan, meninggalkan mata pencaharian serta selamat dari para gembel-gembel, perkataan-perkataan orang banyak, kebohongan-kebohongan para musuh, dan celotehan-celotehan orang bodoh.

UZLAH merupakan keselamatan dari kezhaliman penguasa. karena bergabung dengan orang banyak menjadi kesempatan bagi para penyebar fitnah untuk menghembuskan berbagai pernyataan tanpa bukti, apalagi disertai degan ketidakmampuan orang-orang awam dalam menjaga lidah mereka, maka bisa saja satu kata bisa menjadikan rambut kepala menjadi rontok dan jiwa akan tertimpa bahaya, penyebabnya adalah bergabung pada mereka.

UZLAH merupakan tameng dari banyak bicara ketika lalai dalam melontarkan berbagai berita yang akan disebarkan kepada orang banyak. Dimana berita itu bukan pada tempatnya dan membuat mereka mentakwilkannya tidak berdasarkan takwil sebenarnya, akhirnya menyebabkan berbagai kecelakaan dan masalah yang pelik.

UZLAH merupakan penjagaan diri dengan ilmu-ilmu yang mulia serta mensterilkan pemahaman dengan kuntum-kuntum hikmah, buah-buah kajian, kesegaran-kesegaran pemikiran, konklusi-konklusi bacaan, permata-permata istinath dan keindahan-keindahan interaksi, serta belajar kitab-kitab, ilmu-ilmu, dan sejarah kehidupan.

UZLAH merupakan penjauhan diri dari sebab-sebab kekasaran penglihatan, pendengaran dan pikiran yang berlebihan, berteman dengan orang-orang bodoh, berdekatan dengan para pembesar, berpacu pada orang-orang kaya, dan berdebat dengan orang-orang dungu.

UZLAH merupakan cara menjaga kemuliaan dan memelihara diri dari sesatnya dunia. Menjauhkan diri dari kelamnya kepenguasaan manusia.

UZLAH merupakan cara mengangkat martabat seseorang, seperti terbenamnya matahari sehingga diketahui manfaatnya dan tak munculnya bulan sehingga diketahui faedahnya. dan tidaklah mutiara akan menjadi kalung atau liontin di leher, kecuali karena ia tersembunyi di lautan.

UZLAH merupakan cara mendirikan istana kerajaan dan mentegakan daulah kemuliaan dalam diri dan diantara kaumnya serta menggempur penyakit laten "hati". 

Revolusi Ilmiah
Barang siapa duduk bersama orang-oarang yang menyia-nyiakan umurnya, maka terjerembablah ia ke dalam keruntuhan tekad, kematian rasa tanggung jawab, kedinginan semangat, banyak mengkhayal, mendengarkan kebohongan-kebohongan, menyebarkan aib-aib, sibuk dengan hal-hal sepele, dan sibuk bergosip dan menikmati gosip, meninggalkan hal-hal penting, menjauhi kebaikan-kebaikan, mencintai sifat-sifat lalai, malas beribadah, berpaling dari ilmu, menghabiskan waktu dengan perkataan tiak bermanfaat, dan menjual hari-hari di pasar khayalan.

Mari ber-UZLAH anak generasi Nusantara, sambutlah dengan semarak akan kehadiran-Nya. Hapus Perbudakan dan Kebodohan Untuk Kebangkitan Nusantara. (Bent)

Gambar: 1, 2
Sadur: klik

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »