Perawatan Gigi Bayi Usia 0-6 Bulan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Bagi anda yang memiliki bayi usia 0-6 bulan, terkadang perlu juga memperhatikan apakah si kecil sudah memiliki gigi, karena terkadang bayi usia 0-6 bulan telah memiliki gigi terutama gigi seri bawah. Selain tumbuh, ternyata gigi juga memiliki permasalahan yang dapat timbul. Berikut adalah cara merawat dan bagaimana permasalahan yang dapat timbul dari tumbuhnya gigi pada usia tersebut. Diambil dari ayahbunda.co.id.

Hidup Sehat - Gigi bayi 0-6

Perawatan Gigi Bayi Usia 0-6 Bulan

Beberapa hal yang perlu dilakukan saat si kecil usia 0-6 bulan telah memiliki gigi, yaitu :

  1. Gunakan kain lembap 2 kali sehari untuk membersihkan gusi. Hal tersebut selain menjaga kebersihan gusi, juga dapat memupuk kebiasaan untuk menggosok gigi.
  2. Jangan biasakan untuk si kecil tidur sambil minum susu dari botol. (Namun memang sebaiknya bayi usia 0-6 bulan diberikan khusus ASI Eksklusif)
  3. Biasakan untuk membersihkan mulut si bayi dengan kain lembap setiap kali dia selesai minum ASI.
  4. Sebaiknya dibawa ke dokter gigi sejak pertama kali tumbuh gigi. Hal demikian baik adanya terutama untuk perawatan rutin ke dokter gigi anda, selain membiasakan hidup sehat, apabila ada keluhan gigi akan cepat untuk diatasi dan dicari penyebabnya.


Hidup Sehat - Perawatan gigi bayi dengan sikat gigi khusus
Cara Membersihkan Gigi dan Mulut Bayi

Selain perawatan umum di atas, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan gigi dan mulut si kecil yang sebagian besar belum terbentuk gigi atau berupa gusi saja.

  • Gunakan waslap atau kain lembut yang bersih (sangat diutamakan untuk kain dengan steril sederhana). Kemudian rendam sebentar di dalam air hangat, lalu lilitkan pada jari telunjuk anda.
  • Bersihkan dengan waslap tersebut ke semua bagian gigi yang sudah muncul (tampak dari luar) ke permukaan gusi baik yang di atas maupun di bawah.
  • Setelah digunakan untuk membersihkan gigi, peras kain pembersihnya kemudian ulangi sekali lagi.
  • Lakukan hal tersebut minimal 2 kali sehari atau setelah si kecil minum ASI.
  • Cuci waslap atau kain lembut tadi setiap kali selesai digunakan.


Permasalahan yang Dapat Timbul pada Gigi Bayi 0-6 Bulan
Perawatan yang dilakukan memiliki tujuan yang sangat baik, selain untuk membiasakan hidup sehat juga untuk mencegah beberapa penyakit atau keluhan yang timbul akibat gangguan pada gigi, yaitu : Karies dan Jamur Candida. Jamur tersebut mucul biasanya karena adanya sisa susu yang menumpuk di lidah, oleh sebab itu selain perawatan gigi, perlu juga untuk membersihkan lidah baik dengan kain atau kasa maupun dengan sikat khusus untuk membersihkan lidah.

Demikian perawatan dan beberapa permasalahan gigi pada bayi usia 0-6 bulan. Merawat dengan rutin tentu saja jauh lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu perlu dibiasakan dan jangan lupa konsultasikan pada dokter gigi untuk guna perawatan lebih lanjut dan baik. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »