6 Buah Klimaterik dan Cara Memilihnya

Revolusi Ilmiah – Salam Sehat
Buah klimaterik adalah buah dengan pola respirasi yang diawali peningkatan secara lambat, kemudian meningkat, dan menurun lagi setelah mencapai puncak. Kelompok buah ini di panen pada saat mencapai pertumbuhan maksimum (mature) tetapi belum matang (unpire). Biasanya buah dapat di simpan cukup lama sebelum di konsumsi atau dipercepat pematangannya melalui pemeraman. Dengan kata lain proses pematangan buah klimaterik akan tetap berlanjut setelah buah dipetik dari pohon.

Revolusi Ilmiah - Buah klimaterik
Akan tetapi sering kali ada pendapat bahwa buah peraman tidak baik. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pemeraman yang di lakukan terhadap buah yang telah matang penuh (mature) akan menghasilkan buah matang yang baik. Hasil yang kurang baik dihasilkan apabila buah di petik belum waktunya (belum cukup tua atau immature).


Buah Klimaterik

Jenis buah yang termasuk kedalam kelompok klimaterik antara lain : alpukat, apel, durian, manga, manggis dan melon.

Revolusi Ilmiah - Memilih buah klimaterik yang sehat

1. Alpukat

Buah ini terbagi ke dalam 3 ras yaitu Mexico, Guatemala, dan India Barat. Ketiganya mempunyai perbedaan dalam ukuran buah, tekstur kulit, rasa kandungan lemak, ketahanan terhadap penyakit dan penyimpanan, serta daya adaptasinya terhadap iklim. Alpukat kultivar mexico  menghasilkan buah yang bertipe kecil,  bobot sekitar 85 – 340 g dengan kulit tipis, halus dan mengkilap. Alpukat kultivar guatemala menghasilkan buah berbobot  sekitar 340 – 560 g dengan kulit relatif tebal ( 1,6 mm ) dan kasar. Alpukat kultivar india barat berukuran sedang serta berkulit halus lentur.
Buah alpukat umumnya dimakan dalam bentuk segar setelah mencapai kematangan sempurna. Jenis yang digemari di indonesia adalah alpukat mentega, serta 2 varietas yang sudah di lepas sebagai buah unggul, yakni alpukat ijo panjang dan ijo bundar.

2. Apel

Apel (Malus sylvetris) yang berkembang di indonesia, khususnya di daerah batu, Malang, Jawa Timur berasal dari belanda. Di antara varietas – varietas yang di kembangkan di indonesia hanya dua varietas yang di lepas secara resmi, yaitu rome beauty dan manalagi.

Tanda – tanda umum buah apel yang baik sebagai berikut :
1. Kulit buah mengkilap dan warnanya telah berubah sesuai dengan  warna baku masing – masing varietas pada saat matang.
2. Ujung buiah bekas kelopak tampak tidak menutup rapat ( sudah merenggang ).
3. Bila di jentik dengan jari akan menghaslikan  suara bening.
4. Belum terlalu beraroma. Apabila aroma apel sudah jelas tercium berarti buah sudah terlalu matang sehingga kerenyahan nya berkurang.

3. Durian

Durian (Durio zibethinus) merupakan buah tropis yang rasanya lezat dan aromanya khas. Untuk selera orang indonesia, yang enak adalah “durian jatuhan” atau buah yang jatuh sendiri dari pohonnya  karena sudah matang. Namun, durian yang dibiarkan jatuh sendiri dari pohonnya tidak bisa di simpan. Buah harus langsung di konsumsi karena kulitnya yang terbelah mudah sekali terkontaminasi mikroorganisme.

Memilih durian yang baik memang tidak mudah, antara lain karena bentuk maupun ukurannya sangat bervariasi. Secara umum buah yang baik dan siap di santap adalah yang sudah mengeluarkan aroma khas, duri terlihat jarang dengan ujung tidak terlalu runcing.

Beberapa varietas durian yang banyak di cari orang di pasaran antara lain durian otong atau monthong, sunan, sitokong, kani (chanee), petruk, sukun, mas, tembaga, bantalmas, dan bakul.

4. Mangga

Mutu buah mangga (Magifera indica) di tentukan dari derajat ketuaan, kebersihan, bentuk, ada tindaknya anthracnose (buah busuk), kerusakan akibat hama, goresan, memar, maupun terdapat getah pada buah.

Tanda – tanda mangga yang telah tua adalah bagian pangkal buah penuh membulat, ujung sudah sudah tidak terlalu runcing, permukaan kulit di lapisi lapisan lilin, dan getah terlihat jernih.

5. Manggis

Buah manggis (Garcinia mangostana) layak di petik apabila kulit buah sudah berwarna merah kehijauan sampai merah kekuningan. Lambat laun buah tersebut akan mencapai kematangannyadengan memperlihatkan warna ungu kemerahan atau merah kehitaman.

6. Melon

Buah yang layak dipilih bergurat banyak seperti jaring halus dan cerah serta terdapat garis pemisah yang jelas antara tangkai buah dengan buahnya sehingga membentuk cincin.

Demikian ke-6 buah klimaterik yang sering kita dapati di toko buah lokal. Dengan mengenali jenis dan cara memilihnya, semoga kita mendapatkan buah yang terbaik dan tentu saja sehat. (Baca juga : 8 Kriteria Umum Cara Memilih Buah) Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (UZZI)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »