4 Zat Penyebab Kanker yang Perlu Diwaspadai

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Kanker atau tumor ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan pada siklus sel yang khas, sehingga menimbulkan kemampuan sel untuk Tumbuh tidak terkendali, Menyerang jaringan disekitarnya dan Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui darah atau limfa (Metastasis). Pada tubuh manusia terdapat gen yang memiliki kecenderungan berkembang menjadi kanker yaitu onkogen. Kecenderungan gen tersebut hanya dapat benar-benar menjadi kanker apabila terekspos bahan penyebab kanker atau karsinogen.

Revolusi Ilmiah - Pertumbuhan kanker
Tumor ganas atau kanker berawal dari perumbuhan jaringan baru yang abnormal atau neoplasma, yang kemudian membentuk massa atau tumor. Ada tumor jinak, yang diam saja, adapula tumor ganas yang mampu melakukan perluasan (seperti sebuah negara melakukan ekspansi atau perluasan wilayah), keduanya harus kita kenali, cegah dan atasi sedini mungkin.

Penyebab Kanker

Zat-zat karsinogenik atau penyebab kanker dalam kehidupan ini sangat banyak, bahkan ada yang dekat dengan kita namun kita tidak menyadarinya.

1. Asap

Karsinogenik terutama terdapat pada asap rokok dan asap kendaraan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berhenti merokok dan menggunakan masker apabila berkendara.

Revolusi Ilmiah - Petani menyemprotkan pestisida

2. Pembasmi hama

Pestisida, Insektisida, Nitrit pada pupuk nitrogen terutama pada buah dan sayuran anorganik merupakan zat-zat karsinogenik. Gerakan Go Organik menjadi salah satu solusi dalam mencegah zat karsinogenik melalui bahan-bahan tersebut.

3. Bahan tambahan makanan

Bahan tambahan makanan seperti pengawet makanan, sakarin atau pemanis, siklamat, lemak jenuh dan pemutih pada terigu merupakan zat-zat karsinogenik, kurangi dan cegah penggunaannya.

4. Senyawa plastik

Senyawa plastik umumnya digunakan untuk wadah makanan seperti Akifenol, Polistiren dan Vinil klorida. Zat-zat tersebut termasuk karsinogenik meskipun saat ini banyak digunakan.

Demikian 4 zat penyebab kanker atau karsinogenik, oleh karena itu perlu untuk dikurangi dan dicegah penggunaannya, selain itu juga guna pencegahan yang lain dapat mengkonsumi makanan antikanker, antioksidan atau adaptogen dalam jumlah yang cukup serta kebiasaan pola hidup bersih dan sehat. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (ASRI)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »