5 Cara Alami Cegah Kanker Payudara Tanpa Obat

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Kanker payudara merupakan tumor ganas pada jaringan payudara, merupakan jenis kanker yang ganas dan menempati urutan kedua terbanyak di Indonesia dibawah kanker leher rahim. Biasanya diderita oleh wanita, pada pria juga dapat terserang kanker tersebut namun kemungkinannya kecil 1 : 1000 dibandingkan wanita. Sampai saat ini pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kanker ini adalah pembedahan (Mastektomi), kemoterapi maupun radiasi.

Revolusi Ilmiah - Lakukan SADARI sebelum terlambat

Cara Alami Cegah Kanker Payudara

Penderita terkadang terlambat menyadari adanya kanker payudara, bahkan ada yang memeriksakan ke dokter pada saat stadium lanjut. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan diungkap bagaimana cara mengenali dan mencegah terjadinya kanker payudara sebelum terlambat.

1. Lakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)

Langkah-langkah SADARI tidak telalu sulit, membutuhkan waktu yang relatif singkat.
  • Melihat. Caranya adalah dengan menanggalkan seluruh pakaian, kemudian berdiri di depan cermin dengan kedua tangan bergantung lepas dan di ruangan yang terang. Perhatikan payudara Anda.
  • Memijat. Cara memijat yang disarankan adalah dengan lembut dari tepi hingga puting.
  • Meraba payudara. Caranya dengan berbaring di atas tempat tidur, periksa masing-masing payudara dengan menggunakan empat jari tangan kanan atau kiri kemudian raba dengan gerakan memutar (seperti membuat lingkaran kecil) dimulai dari tepi hingga ujung.
  • Meraba ketiak. Caranya dengan meraba ketiak menggunakan jari-jari tangan dan sekitar payudara, gunanya adalah mengetahui penyebaran anak kanker.

2. Olahraga secara teratur

Salah satu resiko terjadinya kanker adalah kurangnya aktivitas, dengan olahraga teratur terutama berjalan maka resiko kanker payudara akan berkurang. Secara teori, dengan berolahraga kadar estrogen dalam darah akan menurun sehingga mengurangi resiko kanker payudara.

Revolusi Ilmiah - Buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan

3. Makan buah dan sayuran

Buah dan sayur banyak mengandung anti oksidan yang tinggi, seperti vitamin A, C, E dan berbagai mineral yang baik untuk kesehatan tubuh serta mencegah kerusakan sel, dimana kerusakan sel ini lah yang menjadi faktor resiko dari timbulnya kanker. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk minimal mengkonsumsi buah dan sayur 5 kali dalam sehari guna pencegahan kanker.

4. Hindari rokok dan alkohol

Selain kandungan rokok (Baca juga : 15 kandungan rokok yang membahayakan kesehatan) dan alkohol yang berbahaya, ternyata mereka juga dapat meningkatkan kadar estrogen dalam darah, sehingga meningkatkan faktor resiko terjadinya kanker.

5. Menikah dan menyusui anak

Salah satu manfaat dari payudara pada wanita adalah untuk menghasilkan ASI yang digunakan untuk menyusui bayinya. Dengan menyusui ternyata dapat mengurangi resiko terjadinya kanker payudara, hal tersebut dilihat dari jumlah penderita kanker payudara yang lebih banyak mereka yang tidak menyusui dan menikah dibandingkan dengan mereka yang menyusui.

Demikian 5 cara alami cegah kanker payudara, semoga dapat menambah wawasan kita untuk selanjutnya kita berusaha untuk mencegahanya. Selama kita mengurangi faktor resiko yang ada dan menjaga pola hidup bersih dan sehat, maka penyakit apapun termasuk kanker dapat kita cegah, yang pada akhirnya kesehatan fisik yang baik dapat kita peroleh. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »