7 Cara Alami Atasi Bau Badan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Bau badan dalam tubuh manusia disebabkan oleh adanya bakteri yang bercampur dengan keringat, sedangkan keringat itu sendiri dihasilkan oleh suatu kelenjar kulit yang ada di dalam tubuh, kelenjar yang dimaksud adalah kelenjar accrine dan apocrine. Kelenjar Accrine menghasilkan keringat yang bening dan tidak berbau, sedangkan Kelenjar Apocrine umumnya keluar pada tempat-tempat tertentu dimana tumbuh rambut, seperti hidung, ketiak dan kemaluan, produksi kelenjar apocrine meningkat pada saat masa-masa pubertas, produksi kelenjar itulah yang apabila bercampur dengan bakteri akan menimbulkan bau tidak sedap atau yang biasa disebut bau badan, yang menyebabkan rasa percaya diri berkurang, minder dan dijauhi teman-temannya meskipun sudah menggunakan parfun.

Revolusi Ilmiah - Bau badan harus diatasi

Cara Alami Atas Bau Badan

Bau badan yang timbul perlu untuk diatasi, disamping kita harus mandi rutin minimal 2 kali sehari dan menggunakan pakaian yang bersih, ternyata ada bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan untuk membantu mengatasi permasalah bau badan tersebut.

1. Jeruk Nipis

Cara menggunakan : Ambil 1 buah jeruk nipis kemudian potong dan ambil airnya. Selanjutnya campurkan air jeruk nipis tersebut dengan dau sirih dan kapur, oleskan pada bagian tubuh yang diketahui sebagai sumber bau badan, misalnya ketiak.

2. Daun sirih

Cara menggunakan : Sediakan kurang lebih 30 lembar daun sirih atau secukupnya, kemudian campur dengan air secukupnya, panaskan hingga airnya betul-betul mendidih. Setelah itu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin supaya air rebusan tidak terlalu panas, langkah terakhir silakan mandi dengan air rebusan daun sirih tersebut, lakukan dengan rutin setiap hari minimal 2 kali sehari.

3. Buah Mentimun

Cara menggunakan : Sediakan 1 buah mentimun, berikutnya kupas. Gosok-gosokkan buah mentimun yang telah dikupas tersebut ke bagian badan yang berbau, cara tersebut dilakukan setelah mandi.

Cengkih dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan

4. Cengkih

Cara menggunakan : Siapkan beberapa kuntum buah cengkih, kemudian rendam dalam air hingga buah cengkih tersebut mengembang, setelah itu minum airnya. Kalau perlu tambahkan gula supaya lebih enak. Selain diminum larutan rendaman air cengkih juga dapat dioleskan pada bagian tubuh sebagai sumber bau badan.

5. Daun Kemangi

Cara menggunakan : Daun kemangi dikonsumsi rutin setiap pagi dan sore, sesuaikan dengan kebutuhan, sampai bau badan berkurang.

6. Jahe

Cara menggunakan : Siapkan jahe, buatlah minuman jahe seperti biasa, minum rutin wedang jahe tersebut pagi dan sore. Cara lain adalah dengan menggosok-gosokkan parutan jahe pada bagian yang menjadi sumber bau badan.

7. Daun beluntas

Cara menggunakan : Siapkan daun beluntas, gunakan sebagai lalapan atau dapat dimasak terlebih dahulu, konsumsi rutin setiap hari akan membantu mengurangi bau badan yang tidak enak.

Demikian 7 cara alami yang dapat membantu mengurangi bau badan. Cara tersebut efeknya berbeda untuk masing-masing orang, oleh karena itu pilihlah salah satu cara tersebut dan evaluasi selama 1 minggu, apabila tidak ada perubahan gunakan cara lain atau kombinasi dengan cara yang lain sampai betul-betul mencapai kondisi yang diinginkan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »