7 Gangguan Kejiwaan Artis Hollywood

Revolusi Ilmiah - Hollywood. Menjadi artis merupakan dambaan sebagian orang. Artis itu hidup dalam kemewahan, artis itu orang yang dipuja dimana-mana, artis itu selalu diikuti oleh wartawan, pokoknya artis itu hidupnya enak, baik itu artis luar negeri maupun dalam negeri. Apakah hal-hal tersebut benar terjadi pada serang artis? mungkin saja iya, namun bagaimana dengan gangguan-gangguan kejiwaan akibat menjadi seorang artis terkenal, hal yang sangat mungkin terjadi mengingat beban psikologis yang ada pada mereka.


Revolusi Ilmiah - Gangguan kejiwaan sering dialmai seorang artis

Gangguan Kejiwaan Pada Artis Hollywood

Gangguan kejiwaan atau psikologis adalah gangguan yang terjadi akibat suatu tekanan psikis atau pemikiran yang terus menerus dan diluar kemampuan seseorang. Gangguan tersebut sangat mengganggu kehidupan pribadinya, juga kehidupan sosial baik kepada keluarga, sahabat dan tetangga.

1. Obsessive Compulsive Disorder (OCD)

OCD adalah salah satu kelainan kecemasan yang ditandai dengan perilaku obsesif (harus/tanpa toleransi) yang berkaitan dengan perilaku kompulsif(melakukan sesuatu berulang-ulang). Kelainan yang terjadi pada OCD membuat seseorang itu terus menerus melakukan sesuatu guna menenangkan atau memenuhi keinginan kuatnya.

2.  Bulimia (Gangguan Makan)

Bulimia adalah gangguan yang ditandai dengan pola makan yang berlebihan serta berbahaya. Diantara gejala yang timbul pada bulimia adalah : Rasa khawatir yang berlebihan karena bertambah berat badan, Makan dalam jumlah yang besar namun dimuntahkan, Sakit tenggorokan kronis, Kebiasaan buang air besar (BAB) tidak teratur, Pembengkakan kelenjar ludah, Penurunan berat badan yang drastis serta Penipisan lapisan email gigi. Penyebab pasti dari bulimia tidak diketahui pasti, namun faktor resiko yang bisa menyebabkan bulimia adalah rasa kekhawatiran yang berlebihan terhadap kegemukan.

3. Depresi

Depresi merupakan kondisi medis-psikiatris dan tidak hanya sekedar suatu keadaan sedih serta menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-hari. Gejala pada gangguan depresi ini diantaranya Perasaan sedih yang berlebihan, rasa mudah Lelah setelah aktivitas rutin biasa, Kehilangan minat dan semangat, Malas untuk beraktivitas serta Gangguan pola tidur.

Revolusi Ilmiah - Justin Chambers

4. Sleep Disorder (Gangguan tidur/Insomnia)

Insomnia pada artis umumnya terjadi karena aktivitas mereka yang terlampau padat serta rutinitas yang memaksa mereka sehingga tidur pun menjadi tidak teratur. Insomnia sendiri sebenarnya adalah gangguan yang terjadi akibat kesulitan tidur berulang-ulang atau untuk mempertahankan tidur meskipun kesempatan itu ada, akibatnya selain kesulitan tidur, bangun dari tidurpun orang tersebut juga mengalami gangguan fungsional. Penyebab insomnia yang paling sering adalah akibat adanya permasalahan psikologis. Artis yang pernah mengalami gangguan tidur ini adalah Justin Chambers (Tidur hanya 2 jam dalam seminggu), Heath Ledger (Meninggal akibat konsumsi obat-obatan supaya bisa tidur).

5. Bipolar Disorder (Kelainan Bipolar)

Kelainan bipolar umumnya diawali oleh stres yang berlebihan atau depresi yang berlangsung 3-6 Bulan. Bentuk ringan dari kelainan tersebut adalah siklotimik atau periode kegembiraan dan depresi tidak terlalu berat, berlangsung beberapa hari dan kambuh dalam selang waktu yang tidak berlebihan.

6. Starving to be Thin (Anorexia)

Anorexia merupakan kelainan psikis yang diderita seseorang karena kurangnya nafsu makan meskipun kondisi lapar dan memiliki kesenangan terhadap makanan. Anorexia ini juga dapat dikatakan sebagai aktivitas untuk menguruskan berat badan melalui pembatasan makan secara sengaja maupun kontrol yang ketat. Penderita anorexia sangat lapar namun takut untuk makan karena bisa mengakibatkan naiknya berat badan. Para artis cenderung untuk takut gemuk atau menjaga tetap kurus karena Tidak puas terhadap diri sendiri, Menganggap diri sendiri tidak menarik atau Desakan kondisi untuk tetap kurus.

7. Self Injury (Melukai Diri Sendiri)

Melukai diri sendiri adalah tindakan mencacati tubuh sendiri dengan sengaja dan bukan tujuan bunuh diri namun hanya melampiaskan emosi-emosi yang terlalu menyakitkan untuk dieskpresikan dengan kata-kata. Tindakan tersebut dapat berupa Mengiris, Menggores kulit atau membakarnya, maupun Mememarkan tubuh lewat kecelakaan yang telah direncanakan sebelumnya. Bahkan kasus yang lebih ekstrem mematahkan tulang mereka, memakan barang-barang yang berbahaya serta mengamputasi tubuhnya sendiri.

Demikian 7 gangguan kejiwaan yang sering dialami oleh artis hollywood, meskipun demikian, saya kira tidak hanya artis hollywood tapi juga artis yang lain serta orang yang memiliki kesibukan dan tekanan dalam pekerjaannya, menuntut mereka untuk bekerja diluar batas kemampuannya. Kenali diri sendiri dan lakukan yang terbaik untuk diri anda, itulah salah satu solusi mencegah dan mengatasi gangguan kejiwaan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »