Pemantau Pegawai di India Menggunakan Situs Pengawas

Revolusi Ilmiah - India

India merupakan salah satu negara di Asia. Jumlah penduduk India pada tahun 2011 mencapai 1,2 Milyar, sehingga menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah penduduk terbanyak, dibawah Tiongkok. Secara ekonomi ternyata India tidak kalah dengan negara-negara maju, terbukti PDB India menduduki nomer 4 di dunia serta merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat.

Revolusi Ilmiah - PM India bersih-bersih kantor pemerintahan India

Situs Pengawas Pegawai India

Mulai Bulan Agustus 2014, pemerintah India mulai mengoperasionalkan sebuah situs nasional yaitu attendance.gov.india guna memonitor kehadiran para pegawai negerinya. Meskipun baru berupa uji coba, ternyata dalam 2 bulan ini sudah lebih dari 50 ribu pegawai mendaftar ke situs tersebut. Hebatnya situs ini dapat memberikan grafik kehadiran pegawai dalam kantor setiap menitnya dalam satu hari, karena situs itu mencatat berapa jumlah pegawai yang masuk dan keluar setiap menitnya, melalui sidik jari dan nomer identitias.

Situs tersebut diyakini sebagai salah satu upaya dari PM Narendra Modi untuk menegakkan disiplin di kalangan pegawai negeri di India. Secara resmi situs ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. PM Modi juga mengharuskan pegawai negeri nya ikut dalam program pembersihan secara massal kantor-kantor pemerintahan, sehingga tercipta lingkungan yang sehat, jauh dari bau tidak enak dan sampah yang berserakan. Program yang baik untuk dilestarikan.

Revolusi Ilmiah - Displin perlu diterapkan
Perlunya absen tersebut selain untuk kedisiplinan, juga untuk mengungkap beberapa kasus kemalasan dari pegawai India. Salah satunya terungkapnya kasus Sangeeta Kashyap, yang diangkat sebagai guru di negara bagian Madya Pradesh ternyata absen atau tidak masuk kerja selama 23 tahun terakhir. (mant)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »