Asma Pada Anak

REVOLUSIILMIAH.COM - Serangan Asma pada Anak perlu mendapatkan perhatian khusus, terutama oleh orang tua. Berikut kondisi yang perlu diperhatikan dan dilakukan tindakan segera (telpon nomer Gawat Darurat 119) atau dibawa ke pelayanan kesehatan :
  1. Kesulitan bernafas secara terus menerus
  2. Batuk yang terus menerus
  3. Tidak mampu berbicara, makan dan bermain
  4. Muntah
  5. Warna bibir dan jari-jari tangan menjadi biru
  6. Pusing pada saat bernafas.

Revolusi Ilmiah - Asma pada Anak perlu mendapat perhatian khusus
Asma pada Anak perlu mendapat perhatian khusus. (Foto : freedigitalphotos)

Tindakan Asma Pada Anak

Jika pada anak tidak mengalami kegawat daruratan seperti di atas namun masih mengeluh kesulitan bernafas atau batuk, maka lakukan tindakan-tindakan berikut :

1. Segera datang ke Pelayanan Kesehatan untuk Anak semisal Puskesmas, Klinik Spesialis Anak atau Rumah Sakit.


2. Lakukan terapi Asma pada Anak jika memungkinkan

Setelah mendapatkan tindakan dari pelayanan kesehatan, maka lakukan terapi sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh Dokter yang memeriksa. Pastikan petunjuk tersebut jelas dan dapat dimengerti oleh siapa saja yang akan melakukan pertolongan pada Anak tersebut. Simpak petunjuk terapi yang telah diberikan untuk sewaktu-waktu dapat digunakan minimal mengatasi Asma yang terjadi.

3. Berikan Obat Aksi Cepat

  • Jika anak tidak memiliki petunjuk terapi tapi memiliki Inhaler Asma, maka lakukan langkah berikut : Dudukkan Anak senyaman mungkin, kemudian lepaskan pakaian, sabuk, kaos kaki yang mengikat, Berikan Inhaler yang dimiliki sesuai petunjuk penggunaan Inhaler.
  • Jika Anak tidak memiliki Inhaler : Gunakan obat dari Kotak P3K yang tersedia di tempat kejadian. Jika Anda yakin bahwa itu merupakan serangan Asma maka segera berikan pengobatan dengan reaksi cepat seperti Albuterol atau Salbutamol, Kalau perlu minta tolonglah orang lain untuk meminta bantuan.
 

4. Follow Up

Setelah diberikan pengobatan secepat dan sebaik mungkin, maka langkah selanjutnya adalah melakukan follow up secara berkala baik di tempat pelayanan kesehatan maupun di rumah. Tanyakan kepada dokter yang merawat bagaimana cara melakukan follow up dengan baik supaya dapat mencegah ulangan Asma yang terjadi, serta obat apa yang perlu dikonsumsi untuk mengatasi gejala Asma tersebut.

Silakan tanyakan pada kolom komentar jika ada pertanyaan terkait bahasan yang sudah saya uraikan.

Penulis : dr. Agung Hari Wibowo

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »