Khasiat Hebat Daun dan Umbi Dewa Bagi Kesehatan

REVOLUSIILMIAH.COM - Tanaman Dewa atau Samsit merupakan jenis tanaman yang tumbuh tegak, panjang kurang lebih 30-40 cm, dengan batang daun pendek lunak berbentuk segi lima, penampang berbentuk lonjong dan berambut pada sisi luar. Daunnya memiliki panjang 20 cm, berbentuk bulat longong dengan warna hijau keunguan. Sedangkan Umbinya berbentuk bulat dan memancang seperti kentang dengan panjang kurang lebih 3-6 cm. Daun dan Umbi dewa banyak dimanfaatkan untuk pengobatan sejak jaman dahulu. Konon, kata "Dewa" mengandung unsur bahwa begitu banyaknya khasiat yang didapatkan dari daun dan umbi tanaman tersebut.
Revolusi Ilmiah - Daun Dewa banyak khasiatnya untuk kesehatan
Daun Dewa banyak khasiatnya untuk kesehatan. (Foto : prajnadaksini)

Khasiat Daun dan Umbi Dewa bagi Kesehatan

Baik daun maupun umbi dewa memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Kedua bagian tersebut memiliki kandungan minyak atsiri, flavonoid serta saponin sehingga baik untuk membantu menjaga kesehatan maupun pengobatan beberapa jenis penyakit. Berikut beberapa khasiat Daun dan Umbi Dewa.

Khasiat Daun Dewa

1. Membantu mengatasi Perdarahan pada Wanita
Daun dewa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perdarahan pada wanita misalnya setelah melahirkan.
Caranya : Ambil daun dewa kemudian direbus dan diminum air rebusannya. Sajikan hangat dalam 1 gelas belimbing, diminum 2 kali sehari sampai perdarahannya membaik.

2. Mencegah Stroke
Stroke terjadi karena pecahnya pembuluh darah. Penyebab yang sering adalah karena sumbatan pada pembuluh darah. Daun dewa membantu menghilangkan sumbatan yang ada pada pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya stroke.
Caranya : Ambillah daun dewa segar10 gram, kemudian ditumbuk halus, tambah air setengah gelas, peras dan saring. Sajikan dalam 1 gelas, diminum 1 kali sehari. Selain diminum, dapat pula daun dewa digunakan untuk lalapan makan, 2-3 kali sehari.

3. Mengatasi Luka
Luka terjadi akibat trauma. Berat ringan luka tergantung jenis dan berat trauma yang terjadi. Pada luka memar akibat trauma pukul misalnya, sering menyebabkan nyeri dan rasa kurang nyaman pada daerah trauma tersebut. Oleh karena itu segera atasi memar tersebut, salah satunya dengan daun dewa.
Caranya : Ambil daun dewa segar 15-30 gram kemudian direbus dengan air. Usahakan untuk 3 kali sajian. Ambil airnya, selanjutnya diminum 3 kali sehari sampai kondisi luka memar membaik.

Khasiat Umbi Dewa

1.Membantu Pengobatan Patah Tulang
Patah tulang terjadi akibat trauma yang berat misalnya kecelakaan motor. Setelah dilakukan reposisi, perlu adanya pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhannya, salah satunya dapat menggunakan umbi dewa.
Caranya : Ambil umbi dewa kemudian tumbuk. Tempelkan pada bagian yang patah tulang. Selain ditempelkan, umbi dewa dapat pula disajikan dalam bentuk minuman. Caranya ambil daun dewa kemudian rebus, ambil air rebusan tersebut dan diminumkan 2 kali sehari.

2. Penyembuhan Paska Gigitan Ular
Gigitan ular dapat menyebabkan peradangan pada daerah gigitan serta bisa yang dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Tindakan utama adalah bagaimana mengeluarkan racun atau bisa dari tubuh. Selanjutnya dapat dilakukan proses penyembuhan luka, salah satunya dengan umbi dewa.
Caranya : Ambil umbi dewa kemudian ditumbuk, lalu tempelkan pada daerah luka gigitan. Ulangi 2 kali sehari sampai luka membaik.

3. Mengobati Radang Tonsil
Tonsil atau amandel sering membesar, akibat peradangan, terutama pada anak-anak. Umbi dewa dapat membantu mengatasi peradangan tersebut sehingga tidak membesar.
Caranya : Ambil umbi dewa kemudian rebus. Sajikan air rebusan yang hangat untuk diminum dalam 1 gelas. Minum 2 kali sehari sampai peradangan membaik. Dapat pula dicampur dengan madu untuk mendapatkan hasil pengobatan yang lebih baik.

Demikian khasiat daun dan umbi dewa bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang diuraikan memang secara turun temurun terbukti dapat dibantu penyembuhannya dengan daun maupun umbi dewa. Dapat pula dikombinasikan antara daun dengan umbi nya untuk pengobatan-pengobatan tersebut guna memperoleh pengobatan yang lebih optimal. (M-ANT)

Referensi : 1

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »