5 Manfaat Hebat Wortel Bagi Kesehatan

REVOLUSIILMIAH.com - Siapa yang tidak tahu wortel? Tumbuhan yang sering dimanfaatkan umbi atau akarnya tersebut sangat lekat dengan masyarakat dunia. Bahkan hampir di semua negara mengkonsumsi wortel. Nama latin wortel adalah Daucus carota. Budidaya wortel yang optimal adalah pada dataran tinggi dengan ketinggian 1000 meter dari permukaan laut dengan suhu 15-21 derajat celsius. Selain budidayanya yang tidak terlalu sulit serta mudahnya mengolah untuk masakan, wortel ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan, terkhusus bagi Anda yang ingin sehat secara alami.

revolusiilmiah.com - Anak dan Ibu sedang asyik makan wortel
Anak dan Ibu sedang asyik makan wortel. (Foto : freedigitalphotos)

Kandungan Wortel

Wortel mengandung banyak vitamin dan mineral. Dalam 1 porsi wortel sedang, mengandung 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein. Vitamin yang banyak dalam wortel adalah vitamin A, vitamin C, Vitamin E dan Vitamin K. Kandungan lainnya adalah Kalsium, Zat Besi, Serat, Kalium, Asam Folat, Mangan, Fosfor, Magnesium dan Seng.
Baca Juga : 10 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas

5 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Begitu melimpahnya kandungan vitamin dan mineral dalam wortel tentunya sangat diperlukan oleh tubuh untuk tetap sehat, bugar dan tetap fit. Apa saja kandungan hebat dari wortel dalam menjaga kesehatan seseorang? Berikut kami pilihkan manfaat hebat wortel bagi kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Sesuatu yang sudah tidak asing bagi kita kalau wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten lah yang berperan di sana. Beta karoten tersebut selanjutnya akan dirubah menjadi vitamin A dalam hati seseorang. Proses berikutnya adalah vitamin A berubah menjadi rhodopsin dalam retina, rhodopsin merupakan pigmen warna yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan. Selain mempertajam penglihatan, beta karoten juga berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan, terutama bagian makula mata dan ancaman katarak. Oleh karena itu, konsumsi wortel secara rutin dapat mengurangi resiko terkena gangguan mata dan katarak.
Baca Juga : 8 Tips Menjaga Kesehatan Mata

2. Mencegah Penuaan Dini dan Kerusakan Kulit

Manfaat ini diperankan oleh antioksidan dalam wortel, baik itu vitamin B maupun C. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel-sel tubuh oleh adanya radikal bebas. Dengan tercegahnya kerusakan sel, maka sel tubuh akan terjaga terutama kulit, serta mencegah penuaan dini.

3. Mencegah Resiko Kanker

Wortel mengandung zat falcarinol dan falcarindiol. Kedua zat tersebut merupakan zat antikanker. Zat itulah yang berperan dalam wortel untuk mencegah terjadinya kanker terutama kanker paru-paru dan payudara apabila dikonsumsi secara rutin. Sebuah penelitian di Amerika bahkan menyatakan, konsumsi wortel sedang 2 kali sehari dapat menurunkan resiko kanker payudara sampai 17%.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian dari Universitas Harvard di Amerika Serikat mengatakan bahwa mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Dimana, kolesterol jahat merupakan salah satu resiko dari penyakit jantung. Alasannya adalah kandungan antioksidan dalam wortel dapat mencegah terbentuknya radikal bebas sebagai pemicu terbentuknya kolesterol jahat dalam tubuh.


5. Menjaga Kesehatan Rambut

Zat karotenoid dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan rambut, dengan cara mencegah kerontokan rambut dan membantu menumbuhkan rambut atau penyubur rambut. Ilmuan berpendapat bahwa dengan vitamin yang banyak dalam wortel dapat membantu melancarkan peredaran darah di kepala terutama rambut, sehingga kebutuhan nutrisi dalam rambut dapat terpenuhi dengan baik, sehingga kerusakan yang terjadi dapat dicegah.

Banyak bukan manfaat wortel. Makanan alami yang sering kita konsumsi ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan. Oleh karena itu jangan sampai meremehkan makanan-makanan alami yang tumbuh dari tanah air kita. Mari kita jaga, lestarikan dan budidaya sebaik-baiknya. (M-ANT)

Referensi : Cakrawalasehat, Amazine

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »