Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Tumbuh Kembang Anak

rebutanbalung.com - Sobat sehat pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak sehingga dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, kita dapat mencetak seorang anak yang dapat tumbuh kembang secara optimal.

Gambar 1. Genetik sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Secara umum terdapat 2 faktor utama yang berpengaruh terahdap tumbuh kembang anak, yaitu :
1. Faktor Genetik
Faktor genetik merupakan modal dasar dan mempunyai peran utama dalam mencapai hasil akhir proses tumbuh kembang anak. Yang termasuk faktor genetik antara lain adalah berbagai faktor bawaan yang normal dan patologik, jenis kelamin, suku bangsa atau bangsa. Potensi genetik yang baik, bila berinteraksi dengan lingkungan yang positif, akan membuahkan hasil yang optimal. Gangguan pertumbuhan di negara maju lebih sering disebabkan oleh faktor genetik ini, misalnya kelainan bawaan yang disebabkan oleh kelainan kromosom seperti sindrom down, sindrom turner dan lain sebagainya. Namun, di negara berkembang, gangguan pertumbuhan selain disebabkan oleh faktor genetik, juga disebabkan oleh faktor lingkungan yang kurang kondusif untuk tumbuh kembang anak,seperti penyakit infeksi, kurang gizi, penelantaran anak dan sebagainya, yang juga berdampak terhadap tingginya angka kematian bayi dan anak.
2. Faktor Lingkungan
Lingkungan merupakan faktor yang sangat menentukan tercapai tidaknya potensi genetik. Lingkungan yang baik akan memungkinkan tercapainya potensi genetik, sedangkan yang tidak baik akan menghambatnya. Lingkunga ini merupakan lingkungan biofisikopsikososial yang mempengaruhi individu setiap hari, mulai dari konsepsi sampai akhir hayatnya.

FAKTOR LINGKUNGAN
Secara garis besar, faktor lingkungan dibagi menjadi 3, yaitu :
- Pranatal
- Perinatal
- Paskanatal

Pada kesempatan kali ini, kami akan berfokus pada faktor paskanatal. Paskanatal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak diantaranya : Faktor Biologis, Faktor Lingkungan Fisik, Faktor Psikososial, Faktor Keluarga dan Adat Istiadat
A. Faktor Biologis meliputi :

  1. Ras/Suku Bangsa
  2. Jenis Kelamin. Dikatakan bahwa anak laki-laki lebih sering sakit dibandingkan dengan anak perempuan, kemungkinannya adalah faktor kromosom (xx pada laki-laki dan xy pada perempuan)
  3. Umur
  4. Gizi
  5. Perawatan Kesehatan
  6. Kerentanan terhadap Penyakit
  7. Kondisi Kesehatan Kronis
  8. Fungsi Metabolime
  9. Hormon
B. Faktor Lingkungan Fisik meliputi :
  1. Cuaca, musim, keadaan geografis suatu daerah
  2. Sanitasi
  3. Keadaan rumah : Struktur bangunan, ventilasi, cahaya dan kepadatan hunian
  4. Radiasi
C. Faktor Psikososial
  1. Stimulasi
  2. Motivasi belajar
  3. Ganjaran ataupun hukuman yang wajar (reinforcement/reward and punishment)
  4. Kelompok sebaya
  5. Stress
  6. Sekolah
  7. Cinta dan kasih sayang
  8. Kualitas interaksi anak dan orang tua
D. Faktor Keluarga dan Adat Istiadat
  1. Pekerjaan/pendapatan keluarga
  2. Pendidikan ayah/ibu
  3. Jumlah saudara
  4. Jenis kelamin dalam keluarga
  5. Stabilisasi rumah tangga
  6. Kepribadian ayah/ibu
  7. Pola pengasuhan
  8. Adat istiadat, norma, tabu
  9. Agama
  10. Urbanisasi
  11. Kehidupan politik
Demikian faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak. Pembahasan lebih detail akan kami bahas dalam postingan-postingan selanjutnya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silakan masukkan dalam kolom komentar. Terima kasih.

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »