Langkah-Langkah Membuka Pertanian Organik



Salam revolusi ilmiah,...
bagi pembaca yang tertarik untuk berkecimpung dalam pertanian organik. Ini yang harus dilakukan untuk memulai pengolahan pertanian organik. berikut langkah-langkahnya seperti dilansir dari laman eHow.
1. Lakukan riset mengenai pertanian organik dengan mencari informasi seputar tata cara menanam secara organik, mensurvei lahan serta menambah ilmu dengan mengikuti sejumlah pelatihan atau berkonsultasi dengan orang-orang yang memang ahli di bidang pertanian organik.
2. Susun perencanaan bisnis termasuk di dalamnya mencari sumber dana serta merinci biaya yang diperlukan dalam pengelolaan pertanian organik tersebut, termasuk untuk upah buruh tani serta biaya operasional lainnya.
3. Jika modal dana Anda tak mencukupi, ajukan kredit ke lembaga keuangan atau mencari investor. Yang perlu diperhatikan di sini adalah sistematika penyusunan perencanaan bisnis Anda. Lembaga keuangan ataupun investor tentunya akan tertarik berinvestasi bilabusiness plan yang Anda ajukan berpotensi untuk dikembangkan dan disusun seprofesional mungkin.
4. Beli lahan untuk digarap. Sebelum membeli, teliti dahulu struktur serta kondisi tanahnya. Lakukan uji di laboratorium untuk mengetahuinya secara pasti.
5. Beli perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, termasuk bibit tanaman. Pilihlah bibit unggulan agar produk Anda bisa mencuri perhatian konsumen dan mampu merajai pasar.
Semoga bermanfaat, selamat berorganik...(r.a)

 sumber

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »