3 Masa Perubahan Fisik dan Emosi pada Bunda Hamil

Info Hidup Sehat - Masa Kehamilan
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Setelah seorang Bunda memastikan bahwa dirinya hamil, baik melalui tanda-tanda kehamilan maupun dengan pemeriksaan USG maka sekiranya perlu juga untuk memahami perubahan diri apa yang terjadi pada 3 masa yang akan dilaluinya, masa itu kita bagi menjadi 3 trimester, karena pada umumnya kehamilan berlangsung kurang lebih 40 Minggu atau 3 Trimester. Pada info hidup sehat kali ini kita akan membahas permasalahan tersebut, karena itu penting mengingat perubahan-perubahan tersebut apabila tidak dipersiapkan dengan baik, maka akan sangat mengganggu aktivitas seorang Bunda dan tentu saja membuat perkembangan sang janin kurang optimal.

1. Trimester Pertama. Pada Trimester Pertama, saat dimana penempelan sperma dan ovum terjadi kemudian berlangsungnya proses penempelan zigot ke dalam dinding rahim dan seterusnya, terjadi perubahan fisik dan emosi yang mengiringinya. 
  • Perubahan Fisik: Mual-mual pada pagi hari, Bunda terkadang merasa cepat lelah dan ingin tidur terus-menerus, Terjadi varises pada kaki, Pembesaran payudara dan putting susu berwarna lebih gelap, Sering buang air kecil akibat bertambah besarnya janin yang menekan kandung kemih.
  • Perubahan Emosi: Secara emosi Bunda terkadang khawatir dan cemas dengan perubahan bentuk tubuh yang terjadi, Penurunan libido dan Perubahan emosi serta suasana pikiran.

2. Trimester Kedua. Pada trimester kedua ini, perkembangan dan pematangan janin terjadi, kandungan pun secara fisik sudah terlihat dengan jelas dari luar, penyesuaian tubuh Bunda terhadap sang janin pun juga sudah mulai stabil.
  • Perubahan Fisik: Nafsu makan umumnya sudah stabil bahkan meningkat, Merasa lebih bertenaga, Pengeluaran cairan vagina bertambah banyak, Payudara semakin bertambah besar dan terkadang nyeri, Perut bagian bawah semakin membesar akibat pembesaran janin dalam kandungan, Pergerakan janin mulai terasa, Denyut Jantung Janin mulai meningkat, Sering terjadi pembengkakan kaki dan tumit Bunda, Perut terasa gatal karena kulit mulai teregang, Timbul garis-garis pada perut, Sakit pinggang dan terkadang terjadi Wasir.
  • Perubahan Emosi: Emosi pada Trimester ini cenderung lebih stabil, Gejala akibat perubahan suasana pikiran mulai berkurang, Seluruh perhatian tertuju kepada anak yang akan dilahirkan, Rasa cemas meningkat seiring dengan betambahnya usia kehamilan.

Hidup Sehat - Dukungan Keluarga saat Hamil

3. Trimester Ketiga. Inilah masa yang ditunggu-tunggu, perencanaan yang matang harus dilakukan terkait bagaimana proses persalinan nanti, dimana akan bersalin, dengan dokter atau bidang siapa dilakukan persalinan, siapa yang akan mengantar pada saat mulai timbul tanda-tanda persalinan. Pertanyaan itu sebaiknya sedini mungkin memasuki trimester ketiga dirumuskan.
  • Perubahan Fisik: Janin dapat menendang dengan keras dan gerakannya pun mulai tampak dari luar, Suhu tubuh Bunda cenderung meningkat sehingga sering Bunda merasa kepanasan, Terjadi kontraksi rahim ringan (Braxton-Hicks), Mulai keluar cairan putih encer dari payudara (kolostrum), Jumlah cairan vagina lebih mengental dan meningkat.
  • Perubahan Emosi: Merasa gembira sekaligus cemas dan takut karena proses persalinan tidak akan lama lagi, Kuatir memikirkan proses persalinan nanti apakah akan berlangsung normal atau tidak, serta bayi yang dilahirkan sehat atau tidak.

Demikian perubahan-perubahan yang terjadi sesuai dengan masa kehamilan. Proses ini akan dialami oleh setiap Bunda, oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan baik supaya kehamilan tersebut menjadi pengalaman indah yang tidak terlupakan oleh seorang Bunda dan keluarganya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »