8 Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui

Info Hidup Sehat - Kram perut sebagai Tanda Kehamilan
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Kehamilan adalah sebuah berkah yang luar biasa sebagai anugrah Tuhan YME untuk bisanya manusia melanjutkan keturunannya. Oleh karena itu alangkah bahagianya sebuah keluarga yang diberikan amanah tersebut, sehingga perlunya menjaga kesehatan Bunda yang sedang hamil dengan sebaik-baiknya. Pada info hidup sehat kali ini, akan dibahas mengenai 8 tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui sebagai suatu babak baru keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera dikemudian hari.

1. Berhentinya Menstruasi. Proses Menstruasi adalah meleburnya sel telur yang diakibatkan tidak adanya pembuahan. Pada proses kehamilan, karena adanya pembuahan, maka proses menstruasi tidak terjadi, sehingga salah satu tanda kehamilan adalah berhentinya menstruasi.

2. Perubahan Pada Payudara. Saat proses kehamilan berlangsung, terjadi pembesaran payudara yang diakibatkan meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron. Selain membesar payudara juga akan terasa lebih lembut sehingga menimbulkan sensitifitas yang lebih tinggi hingga payudara akan terasa sakit atau nyeri saat dipegang.Pada bagian puting susunya juga mengalami pembesaran dan tentu saja warnanya akan semakin gelap. Kadang-kadang juga terasa gatal. Secara fisik bisa kita lihat pembuluh darah pada payudara akibat penegangan payudara.

3. Munculnya Bercak Darah atau Flek yang Diikuti Kram Perut. Pada umumnya antara 8-10 hari setelah terjadinya pembuahan terjadi flek atau bercak darah yang terkadang diikuti oleh kram perut, hal tersebut disebabkan pada saat setelah pembuahan, tepatnya saat implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim keluarlah bercak darah (implantation bleeding). Beberapa orang menganggap bahwa munculnya bercak darah pada saat kehamilan adalah menstruasi. Mengenai masalah kram perut, hal tersebut terjadi biasanya menyertai keluarnya bercak darah sampai kehamilan trimester kedua (sampai posisi rahim berada di tengah dan disangga oleh panggul).

Info Hidup Sehat - Morning Sickness sebagai Tanda Kehamilan

4. Mual dan Muntah yang Biasanya Terjadi pada Pagi Hari (Morning Sickness). Diperkirakan 50% wanita hamil mengalami morning sickness yang dipicu oleh peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG) secara tiba-tiba ke dalam aliran darah. Peningkatan Hormon HCG yang berlebihan akan mengakibatkan efek nyeri pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual, umumnya menghilang pada saat trimester kedua kehamilan. Apabila sampai trimester kedua kehamilan masih mengalami morning sickness maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Rasa Lelah dan Mengantuk yang Berlebihan (Fatique). Adanya perubahan-perubahan hormonal dalam tubuh Bunda yang hamil mengakibatkan kinerja beberapa organ seperti ginjal, jantung dan paru-paru meningkat, efeknya adalah membuat kerja tubuh semakin berat, sehingga kelelahan yang akan dirasakan oleh Bunda yang hamil. Selain itu juga semakin bertambahnya usia kehamilan, semakin berat pula kandungannya, hal itu tentu saja menjadi beban tersendiri bagi tubuh Bunda.

6. Sembelit. Pada beberapa kasus, sembelit terjadi pada Bunda yang hamil. Prosesnya adalah akibat peningkatan hormon progesteron dimana fungsi hormon ini adalah untuk mengendurkan otot-otot rahim dan otot-otot dinding usus, sehingga dengan kendurnya otot-otot tersebut terjadilah sembelit atau sulit buang air besar. Namun disisi lain ada keuntungan yang didapat bahwa penyerapan terhadap nutrisi makanan akan lebih baik.

7. Sering Meludah (Hypersalivasi). Terjadinya Hypersalivasi disebabkan oleh perubahan Hormon Estrogen, umumnya terjadi pada kehamilan trimester pertama dan menghilang memasuki trimester kedua. Tapi tetap saja, meskipun demikian jangan buat ludah sembarangan ya Bunda.

8. Naiknya Suhu Basal Tubuh. Hal yang wajar saat kehamilan terjadi kenaikan suhu basal atau suhu dasar dari seorang Bunda, disebabkan karena mekanisme kerja tubuh yang meningkat dan terjadinya perubahan-perubahan hormonal. Kenaikan ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan.

Demikian 8 tanda-tanda yang perlu kita ketahui terkait kehamilan yang terjadi. Info hidup sehat yang lain semisal tips bagi Bunda yang ingin hamil dengan nyaman maupun perlunya pemeriksaan USG bagi kehamilan, silakan dibaca sebagai khazanah ilmu dan tentu saja bagaimana kita bisa memberikan hal terbaik kepada buah hati kita. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »