5 Info dan Tips bagi Bunda yang Ingin Hamil dengan Nyaman


Salatiga-Salam Sehat,
Selamat Siang pembaca setia Revolusi Ilmiah, Bagi seorang Bunda, kehamilan merupakan saat yang penting dalam kehidupannya, entah itu kehamilan pertama maupun selanjutnya. Penulis berharap semoga kehamilan Bunda yang sekarang dapat berlangsung dengan sehat, nyaman, baik dan benar. Berikut 5 info dan tips yang perlu Bunda ketahui selama masa kehamilan.
  1. Bekerja di Depan Komputer. Selama ini belum ada penelitian yang menunjukkan adanya bahaya berlama-lama di depan komputer selama masa kehamilan. Namun, berlama-lama di depan komputer dapat membuat nyeri di bagian punggung. Oleh karena itu, Bunda disarankan untuk sesekali menghentikan aktivitasnya di depan komputer guna beristirahat dengan berjalan-jalan, keliling ruangan supaya darah kembali lancar.
  2. Air Kelapa dapat Mencegah Kram. Salah satu keluhan yang sering dilontarkan Bunda yang sedang hamil perihal gangguan pada kaki adalah kram. kaki kram umumnya disebabkan karena kekurangan kalium. Kebutuhan kalium pada Bunda hamil sekitar 4.700 mg. Ada banyak bahan makanan yang merupakan sumber kalium, salah satunya adalah air kelapa yang mengandung 670 mg kalium per 330 ml. Dengan demikian Bunda yang hamil tidak perlu ragu untuk meminum air kelapa selama kehamilan dengan alasan air kelapa dapat membantu memenuhi kebutuhan kalium. Manfaat kelapa yang lain selain memenuhi kalium adalah Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh) karena air kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan anti virus sehingga melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  3. Kelainan Prematur dan Gusi Bengkak. Adanya peradangan gusi pada Bunda yang hamil ditandai dengan meningkatnya rasa sakit di wilayah gusi, terjadinya perdarahan gusi, gigi goyang dan bau mulut. Peradangan ini memang tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti, namun bukan berarti Bunda bisa mengabaikan peradangan gusi yang terjadi dengan begitu saja. Dalam Journal Obstetric Gynecology (2010), Bunda yang gusinya terinfeksi dapat menularkan kuman pada janin melalui peredaran darah. Pada kasus yang diteliti terbukti kuman fusobacterium nucleatum yang menginfeksi gusi Bunda hamil ditemukan dalam janin dan mengakibatkan keguguran. Tidak hanya itu saja, beberapa peneliti lainnya juga membuktikan, peradangan gusi berisiko pada kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu) dan berat badan bayi yang kurang (dibwah 2,8kg)
  4. Krim Penghitam Kulit. Pada saat kehamilan Bunda tampil dengan gaya bukanlah larangan. Begitupula bagi Bunda yang ingin tampil dengan kulit cokelat yang eksotis. Yang diperlukan hanyalan kehati-hatian dalam menggunakan krim penghitam kulit. Hindari menggunkan krim penghitam kulit yang disemprotkan karena dikhawatirkan zat aktif yang terdapat pada krim tersebut terhirup langsung dan dapat membahayakan janin. Alangkah lebih baiknya pilih krim penghitam yang dioleskan karena lebih aman. Umumnya, krim yang dioleskan pada permukaan kulit hanya sebatas permukaan kulit lapisan atas, sehingga zat-zatnya tidak langsung terserap oleh darah. Cermati pula saat membeli produk yang akan digunakan. Pilihlah yang tidak mengandung zat berbahaya. Meski umumnya krim penghitam kulit tidak mengandung zat berbahaya, namun tidak mengandung zat berbahaya, untuk amannya lebih baik konsultasikan dahulu kepada dokter setempat.

  5. Tidur Menghadap Kiri Lebih Nyaman. Bunda yang hamil ketika memasuki trimester ketiga akan sulit tidur nyeyak dikarenakan perut yang semakin membesar. Namun demikian, bukan berarti tidur nyemak tidak bisa diperoleh. Boleh dicoba Bunda tidur dengan posisi menyimpang ke kiri. Hal tersebut disebabkan karena dengan posisi menyamping ke kiri menjadikan tekanan pada rahim berkurang sehingga diafragma tidak tertekan dan Bunda tidak akan mengalami kesulitan bernafas saat tidur. Posisi ini sekaligus dapat membantu meringankan sakit punggung akibat berat janin. Manfaat lainnya, menurut Asosiasi Kehamilan Amerika, tidur dengan posisi menyamping ke kiri dapat meningkatkna jumlah nutrisi dan darah yang mengalir ke janin. Bunda yang merasa terlalu lelah, disarankan meluangkan waktu untuk tidur siang, cukup sekitar 30 menit saja sudah cukup.
Demikian ke 5 info dan tips bagi Bunda yang sedang hamil supaya nyaman, jangan lupa baca juga 7 makanan yang bisa membantu Bunda saat Hamil, semoga bermanfaat, selamat mencoba, . Apabila ada yang ingin ditambahkan atau kurang jelas, silakan tinggalkan komentar anda. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Picture from :
1. health.kompas.com (Bunda di depan komputer)
2. sobatcantik.com (Bunda tidur miring ke kiri)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »