5 Kandungan Utama Dalam EM-4

Sahabat revolusi ilmiah, dalam rangka menggalakan pertanian organik, dalam postingan ini memberikan informasi tentang kandungan mikroorgnisme pada EM-4 yang berperan penting dalam pupuk organik. kebanyakan dari petani telah mengetahui fungsi dari bahan EM-4. Namun tahukah anda, apa kandungan utama dari bahan pencampur pupuk organik tersebut.


Dikutip dari pertanianpurworejo.blogspot.com, EM-4 mengandung beberapa mikroorganisme utama, yaitu bakteri fotosintetik, bakteri asam laktat, Ragi (yeast), Actinomycetes dan jamur fermentasi. Da3n berikut penjelasannya.


1.    Bakteri Fotosintetik (Rhodopseudomonas sp.)

Bakteri ini adalah mikroorganisme mandiri dan swasembada. Bakteri ini membentuk senyawa-senyawa bermanfaat dari sekresi akar tumbuhan, bahan organik dan gas-gas berbahaya dengan sinar matahari dan panas bumi sebagai sumber energi. Zat-zat bermanfaat yang terbentuk antara lain : Asam amino, Asam nukleik, Zat bioaktif dan gula yang semuanya berfungsi mempercepat pertumbuhan.

Hasil metabolisme ini dapat langsung diserap tanaman dan berfungsi sebagai substrat bagi mikroorganisme lain, sehingga jumlahnya terus bertambah.


2.    Bakteri asam laktat (Lactobacillus spp.)

Dapat mengakibatkan kemandulan (sterilizer), sehingga bakteri ini dapat menekan pertumbuhan mikroorganisme yang merugikan; meningkatkan percepatan perombakan bahan organik; menghancurkan bahan organik seperti lignin dan selulosa serta memfermentasikannya tanpa menimbulkan senyawa beracun yang ditimbulkan dari pembusukan bahan organik. Bakteri ini dapat menekan pertumbuhan fusarium, yaitu mikroorganime merugikan yang menimbulkan penyakit pada lahan/tanaman yang terus menerus ditanami.


3.    Ragi/Yeast (Saccharomyces spp.)

Melalui proses fermentasi, ragi menghasilkan senyawa-senyawa bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman dari asam amino dan gula yang dikeluarkan oleh bakteri fotosintetik atau bahan organik dan akar-akar tanaman. Ragi juga menghasilkan zat-zat bioaktif seperti hormon dan enzim untuk meningkatkan jumlah sel aktif dan perkembangan akar. Sekresi ragi adalah substrat yang baik bakteri asam laktat dan Actinomycetes.


4.    Actinomycetes
Actinomycetes menghasilkan zat-zat anti mikroba dari asam amino yang dihasilkan bakteri fotosintetik. Zat-zat anti mikroba ini menekan pertumbuhan jamur dan bakteri.

Actinomycetes hidup berdampingan dengan bakteri fotosintetik bersama-sama menongkatkan mutu lingkungan tanah dengan cara meningkatkan aktivitas anti mikroba tanah.


5.    Jamur Fermentasi

Jamur fermentasi (Aspergillus dan Penicilium) menguraikan bahan secara cepat untuk menghasilkan alkohol, ester dan zat-zat anti mikroba. Pertumbuhan jamur ini membantu menghilangkan bau dan mencegah serbuan serangga dan ulat-ulat yang merugikan dengan cara menghilangkan penyediaan makanannya.
 

Itulah 5 kandungan mikroorganisme utama pada EM-4. Semoga bermanfaat. (r.a)

Photo from: obattanaman.wordpress.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »