Dunia Terasa Berputar itu Vertigo

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Ada pasien yang datang dengan keluhan "Dok, mengapa ya saya terkadang pusing, terasa dunia ini berputar, terkadang mual dan muntah?", Mungkin pertanyaan itu juga yang anda alami. Kemungkinan besar itu bukanlah penyakit, namun gejala penyakit yang sering disebut Vertigo dengan penyebab yang bervariasi. Vertigo sendiri berasal dari kata Yunani yaitu Vetere yang berarti berputar. Vertigo sendiri merupakan gejala suatu penyakit yang berupa perasaan seseorang seolah-olah bergerak atau berputar, bisa juga seolah-olah benda yang ada disekitar bergerak atau berputar. Bisa berlangsung hanya beberapa saat maupun berlanjut sampai beberapa jam bahkan hitungan hari. Terkadang orang dengan vertigo lebih memelilih untuk diam, namun vertigo tetap dapat berlangsung meskipun orang tersebut diam sama sekali. Inilah perlunya kita mengenal lebih jauh tentang vertigo, info hidup sehat kali ini akan mengetengahkan tentang gejala vertigo dan apa penyebabnya, kemudian pada artikel berikutnya akan dibahas mengenai bagaimana terapi vertigo, seperti yang dilansir oleh Santosa Health News.

Hidup Sehat - Vertigo merupakan gejala suatu penyakit

Gejala pada Vertigo

Gejala yang ditimbulkan oleh vertigo sangatlah bervariasi, dengan sifat ringan sampai berat tergantung dari masing-masing orang, bisa terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam beberapa menit sampai beberapa hari. Pada saat terjadi vertigo, terutama vertigo yang berat, orang bisa saja tidak dapat bangun dari tempat tidurnya dan tentu saja hal tersebut sangat mempengaruhi aktivitas sehari-harinya.
Ada 5 gejala yang sering dirasakan oleh pasien vertigo, diantaranya :
  • Tempat yang diinjak terasa berputar atau bergerak-gerak. Pada kasus ini orang bisa merasa dirinya yang berputar maupun benda disekitarnya yang berputar. 
  • Mual-mual. Mual-mual ini tentu saja berkaitan dengan gangguan keseimbangan yang terjadi.
  • Muntah
  • Sensasi kepala terasa ringan
  • Merasa sulit berdiri ataupun berjalan. Hal ini terjadi akibat keseimbangan yang mengatur posisi berdiri maupun persepsi terganggu, sehingga pada kondisi vertigo, orang akan sangat sulit untuk berdiri.

Hidup Sehat - Salah satu penyebab vertigo adalah gangguan keseimbangan

Penyebab Vertigo

Vertigo disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan. Kita mengenal ada tiga sistem keseimbangan, yaitu :
  • Sistem vestibular. Sistem ini bertanggung jawab dalam mendeteksi dan mengintegrasikan rangsangan gerakan maupun posisi tubuh serta menjaga supaya sebuah objek tetap berada dalam fokus penglihatan pada saat tubuh bergerak. Penyebab gangguan sistem ini adalah : trauma kepala, infeksi otak, tumor, stroke, infeksi disekitar sinus (flu, pilek).
  • Sistem visual. Sistem ini mengatur keseimbangan yang disesuaikan dengan penglihatan. Gangguan keseimbangan ini biasanya dicetuskan akibat situasi yang ramai, banyak orang atau benda yang berlalu lalang.
  • Sistem somatosensorik atau propioseptik. Sistem ini merupakan kaitan antara keseimbangan dengan anggota penerima (sensorik) dalam tubuh misalnya tangan dan kaki. Gangguan pada sistem ini umumnya disebabkan karena misalnya gangguan pada saraf tepi berupa kaki baal atau pundak kaku.
Terjadinya vertigo diakibatkan karena ada salah satu atau lebih sistem keseimbangan ini yang terganggu. Selain karena gangguan ketiga sistem keseimbangan, vertigo dapat disebabkan karena perjalanan yang jauh atau kecapekan dan stres (baca juga empat cara mudah mengatasi stres dan depresi). Namun sebagian besar kasus vertigo tetap tidak diketahui pasti penyebabnya, sehingga kita hanya mengenali gejala yang timbul saja.

Demikian info hidup sehat mengenai apa itu vertigo, gejala apa yang muncul terkait dengan vertigo serta penyebab vertigo. Dengan harapan kalau kita mengetahui tentang vertigo dengan baik dan benar, maka tentu saja kita akan lebih mudah melakukan pencegahan dan pengobatannya, yang akan kita bahas pada artikel berikutnya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »