Yoga Membantu Menyembuhkan 7 Penyakit

Hidup Sehat - Latihan yoga yang baik dan benar untuk kesehatan
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Yoga bermakna penyatuan, penyatuan diri dengan alam maupun penyatuan diri dengan Tuhan YME, dengan aktivitas meditasi maupun bertapa. Pengertian sebagian besar orang adalah bahwa latihan yoga ini hanya untuk sebagian kalangan atau keyakinan tertentu. Padahal konsep yoga ini sudah ada sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu sesuai dengan penemuan para arkeolog. Pada era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini terutama bidang kesehatan, ternyata yoga tidak hanya sebagai aktivitas keyakinan saja tetapi sudah menjadi rekomendasi terapi maupun olahraga yang diberikan oleh para dokter terutama dalam hal proses penyembuhan penyakit. Pada info hidup sehat kali ini akan dibahas mengenai 7 penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya oleh yoga seperti dilansir dalam greenmedinfo dengan judul Modern Science Confirms Yoga's Many Health Benefits.

1. Diabetes Tipe 2. Dengan latihan yoga yang teratur terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula, stres oksidasi, meningkatkan fungsi kognitif otak, meningkatkan fungsi kardiovaskuler, mengurangi index massa tubuh, meningkatkan kebugaran tubuh dan mengurangi kecemasan.

2. Asma. Pada beberapa pasien yang melakukan latihan yoga secara teratur, kejadian asma cenderung menurun. Dalam penelitian Yoga for bronchial asthma: a controlled study oleh R. Nagarathna yang diikuti oleh 53 pasien asma dengan latihan yoga selama dua minggu 65 menit sehari menunjukkan perbaikan dalam hal serangan asma, skor pemberian terapi obat asma dan pengukuran aliran puncak (peak flow).

Hidup Sehat - Hilangkan stres dengan yoga bersama rekan-rekan
3. Peningkatan Kortisol (Stres). Kita mengetahui bahwa pada saat orang mengalami stres, terjadi peningkatan serum kortisol. Dengan latihan yoga secara teratur, terbukti bahwa serum kortisol mengalami penurunan, sehingga menurunkan resiko stres dan cemas.

4. Fibromialgia. Fibromialgia merupakan penyakit kronis yang menyebabkan rasa nyeri, kaku dan kepekaan otot, tendon serta sendi. Dengan latihan yoga yang benar dan teratur, keluhan fibromialgia dapat berkurang.

5. Tekanan Darah Tinggi. Umumnya pasien hipertensi tingkat 1 sangat respon terhadap latihan yoga, terutama latihan pernafasan. Selain yoga perlu juga diperhatikan cara efektif menurunkan tekanan darah dengan diet.

6. Obsessive-Compulsive Disorder (OCD). OCD adalah gangguan kecemasan yang mana pikiran dipenuhi dengan pemikiran yang cenderung menetap, sulit dikendalikan dan individu tersebut dipaksa untuk mengulang terus menerus. Dengan latihan yoga, seorang OCD akan dilatih untuk memperbaiki kebiasaan dan perilaku yang cenderung untuk lebih tenang, sehingga sangat disarankan untuk pasien OCD melakukan yoga dengan benar.

7. Ketegangan Mata terhadap Komputer. Yoga terbukti dapat mengurangi ketidaknyamanan mata akibat paparan komputer atau alat elektronik sejenis, sehingga bagi anda yang sering melihat komputer sebaiknya melakukan latihan yoga yang teratur.

Demikian 7 penyakit yang terbukti dapat dibantu penyembuhannya dengan yoga. Meskipun yang utama adalah pola hidup sehat, tetapi dengan latihan rutin yoga dengan baik dan benar sangat dianjurkan menunjang vitalitas dan kebugaran tubuh baik secara fisik maupun mental. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »