10 Nilai Karakter Menakjubkan Dalam Film 47 Ronin

Revolusi Ilmiah - 47 Ronin
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Luangkan waktu Anda beberapa menit untuk membaca tulisan ini. Karena nyesel berat jika Anda melewatkannya. 

Dalam rangka semangat untuk merubah sesuatu menjadi lebih baik dengan revolusi yang ilmiah. Kali ini penulis akan memberikan informasi yang luar biasa hebat untuk Anda. Demi mewujudkan hal tersebut, maka diperluakan suatu inspirasi-inspirasi yang mampu untuk mendongkrak kebiasaan lama gelap Anda menjadi kebiasaan yang penerang. Untuk itu penulis akan menyajikan suatu inspirasi dari kisah film Jepang yang berjudul "47 Ronin" yang telah tayang di tahun 2013 silam. Penulis sangat merekomendasikan Anda untuk menonton terlebih dahulu film tersebut. Dijamin dongkrak semangat Anda yang sudah berkarat akan kembali aktif kembali. Selain dari pada itu, Anda akan mendapat suguhan dari nilai-nilai karakter kehidupan yang menakjubkan di dalamnya.

Penulis sendiri baru sekali menontonnya, walau demikain, kisah dan nilai yang terkandung didalamnya cukup menghujam dalam qolbu. Inti dari kisahnya sendiri mengenai dunia samurai, dimana terdapat 47 pasukan samurai yang tak bertuan melakukan perang balas dendam akan kematian yang di alami oleh tuannya. Maka itulah arti dari 47 Ronin yaitu 47 samurai yang tak bertuan.

Revolusi Ilmiah - 47 Ronin

10 Nilai Karakter Hebat Didalam Ceritanya


1. Siap Diperlakukan Tidak Adil

Sikap ini diperlihatkan Kai, seseorang berdarah asing yang diperlakuan tidak adil dalam budaya samurai. Salah satu adegannya, saat pasukan samurai mempunyai misi untuk membunuh binatang iblis di sebuah hutan. Yang mampu membunuh binatang tersebut sesungguhnya adalah Kai, tetapi pimpinan pasukan melihat kejadian seolah - olah seorang pasukan yang bersama Kai saat itulah yang membunuhnya. Sehingga yang di eluh-eluhkan adalah seorang pasukan yang saat itu bersama Kai. Sedangkan Kai dicampakan, padahal dia yang membunuh binatang itu sekaligus menyelamatkan nyawa seorang samurai yang bersamanya itu. Walau demikian Kai menerima hal tersebut walau dengan menderita luka, hal itu dikarenakan tingginya kehormatannya kepada dunia samurai yang telah menyelamatkannya. Luar biasa bukan.

2. Ketunduk Patuhan

Tersirat dalam ketaatan dunia samurai kepada pimpinan tertinggi yang disebut "Shogun". Dalam sebuah adegannya tuan Asano siap menerima hukuman mati terhormat (tradisi seppuku) yang diberikan Shogun atas kesalahannya yang mencoba melakukan percobaan pembunuhan kepada musuh yaitu Kira. Dikarenakan kekuatan sihir bernama Mizuki, seorang wanita yang memiliki hubungan erat dengan Kira yang membuat Asano hilang kendali dan melakukan percobaan pembunuhan di istana edo. Walau ada sebuah adegan pemberontakan 47 Ronin, namun pada akhirnya mereka dihukum mati (seppuku) dalam ketundukpatuhannya terhadap pimpinan tertinggi samurai. Luar biasa bukan.


3. Keiklasan Tingkat Tinggi

Terlihat dari seorang istri Oishi yang memahami betul akan posisi Oishi sebagai pemimpin 47 Ronin. Dan mengikhlaskan kepergian sang suami untuk berperang, walau resiko kepastiannya adalah sebuah kematian. Akhirnya, walau menang dalam perang Oishi tetap mati terhormat dengan seppuku, hal ini di saksikan oleh kedua mata sang istri langsung. Luar biasa bukan.

4. Komitmen Dalam Sebuah Perjanjian

Adegan ini dilakuan oleh 47 Ronin yang berkumpul dalam sebuah hutan. Semuanya telah bersepakat untuk berjanji melakukan balas dendam. Walaupun yang mereka dapat sebuah kepastian akan kematian. Hal ini ditandai dengan simbol cap darah masing-masing di lembar perjanjian. Luar biasa bukan.

5. Satu Komando, Ketaatan Pada Pimpinan

Tersirat dalam aksi peperangan balas dendam, baik dari perencanaan hingga eksekusi. Sebuah perjalanan misi yang disusun dengan sebuah perencanaan yang rapi dan kokoh, sehingga 47 orang mampu melawan ribuan pasukan musuh. Hingga akhirnyapun ke 47 Ronin mampu mengalahkan ribuan pasukan dan kekuatan sihir, serta memenggal kepala pimpinan musuh Kira. Luar biasa bukan.


6. Hukum Ditegakan Tidak Pandang Bulu 

Sebuah kepastian hukum yang tidak bisa ditawar lagi oleh siapapun. Barang siapa salah menurut Shogun, maka mereka akan menjalankan hukuman yang diberikan. Dalam adegan ini hukum mati di jatuhkan kepada Asano yang mencoba melakukan percobaan pembunahan. Luar biasa bukan.

7. Kesabaran Pantang Menyerah

Sifat ini di perlihatkan dalam karakter Kai seorang berdarah asing yang dibenci dan dianggap anak iblis oleh dunia samurai semenjak keberadaannya di dunia samurai. Karena adat samurai sangat membenci keberadaan orang asing di wilayahnya. Namun dengan kesabaran pantang menyerahnya, Kai membuktikan bahwa kesetiaannya di dunia samurai melebihi seorang samurai. Hingga akhirnya dia masuk dalam pasukan 47 Ronin dan membantunya mengalahkan Kira. Luar biasa bukan.


8. Penyesalan, Kesadaran Akan Kesalahan

Diperlihatkan oleh hampir semua samurai tak terkecuali Oishi yang awalnya sangat membenci keberadaan Kai. Namun, setelah melihat kebenaran dan kesetiaan Kai terhadap dunia samurai. Semuanya mengakui dan mempercayai Kai, hingga dia di akui sebagai seorang samurai dan ikut mati terhormat. Luar biasa bukan.

9. Berani Tanggung Jawab atau Tidak Pengecut

Tersirat dalam adegan pemberontakan aksi perang balas dendam 47 Ronin. Walaupun mereka melanggar perintah Shogun yang tidak diperbolehkan untuk balas dendam. Mereka tetap menjalankan rencana balas dendam tersebut demi ketaatannya kepada Asano. Sikap ksaktria mereka diperlihatkan berani menjalankan hukuman mati (seppuku) atas perbuatannya. Luar biasa bukan.

10. Semangat Kebersamaan, Walau Yang Dicari Adalah Kematian

Kisah ini menjadi favorit penulis, di kisahkan dalam adegan rencana perang balas dendam. Saat itu Pemimpin dari 47 Ronin yaitu Oshi menyampaikan beberapa kalimat kepada pasukan demikian (penulis terjemahkan), "Disini yang kita cari adalah kematian, kalau kita kalah pastilah kepala kalian semua terpenggal oleh pedang musuh. Tidak jauh berbeda jika kita menang, kalian semua akan mati karena menerima hukuman mati (seppuku) atas apa yang akan kita lakukan. Tapi yang kita dapat adalah kehormatan dan kesetiaan". Yang bikin bulu kuduk merinding, pasukan saat itu tidak lemah takut malah justru semakin semangat dalam melancarkan aksi perang balas dendam. Ruarrrrrr biasa bukan.

Demikianlah 10 Nilai yang bisa penulis tangkap. Apakah pembaca ingin menambahkan??? silahkan. Dua kata untuk film ini "Luar Biasa". Bagi yang belum menonton, Anda harus menontonnya. klik disini untuk download filmnya. Semoga Menginspirasi Anda. Hapus Perbudakan dan Kebodohan Untuk Kebangkitan Nusantara.

Gambar: 1, 2
Oleh : Bentar Setiarto

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »