Cara Sederhana Ukur Kadar Organik Dalam Tanah

Revolusi Ilmiah
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Sebelum Anda ingin mengolah tanah untuk dijadikan lahan pertanian. Lebih baiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel ini. Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum Anda mengolah lahan pertanian. Agar kesempurnaan kandungan unsur hara atau humus pada tanah dapat memenuhi pemenuhan tanaman, ada baiknya Anda mengukur terlebih dahulu kandungan bahan organik yang ada pada tanah itu sendiri. Sehingga Anda dapat mengetahui apakah tanah sudah cukup kandungan makanannya ataukah harus ditambah agar kandungan makanan untk tanaman tersebut memenuhi.

Tidak perlu Anda menguji kandungan humus organik itu ke laboratorium. Disini akan dijelaskan cara sederhana untuk menguji kadar humus organik dalam tanah.Cara sederhana ini akan dapat mengetahui berapa persen kandungan bahan organik tanah, mengetahui tekstur/ komposisi tanah dan berapa besar kandungan kerikil, pasir, debu dan liat tanah. Untuk itu langsung saja inilah cara dan langkah-langkahnya seperti yang di sadur dalam gerbangpertanian.com

Revilusi Ilmiah

Cara dan Langkah-langkah Pengujian Tanah

Bahan:

1. Plastik pembungkus kacang bawang 1 meter
2. Sampel tanah secukupnya
3. Air secukupnya

Cara pelaksanaan:

1. Ambil sampel tanah kita. (ambil dari 4 penjuru ladang/ sawah kita dan 1 lokasi tengah ladang/ sawah kita). Saat pengambilan sample tanah sebaiknya tanah dalam kondisi kering.
2. Campurkan dengan cara diremas-remas dengan tangan secara merata.
3. Ikat salah satu ujung plasik kacang bawang
4. Setelah kelima sample tanah tersebut kita campurkan secara merata lalu kita masukkan dalam plastik tersebut sampai kira-kira setinggi setengah dari panjang plastik tersebut
5. Tambahkan air bersih sampai hampir penuh.
6. Tiup plastik sampai melembung dan ikat ujung plastik pada bagian yang belum diikat tadi.
7. Kocok-kocong sampai tanah dan air benar-benar merata.
8. Gantungkan plastik tersebut pada tiang
9. Biarkan kira-kira satu/ dua jam
10. Setelah benar-benar mengendap kita akan melihat komposisi/ penyusun tanah kita.

Keterangan:

*Humus biasanya akan tersusun pada lapisan tanah paling atas setelah air dan berwarna hitam.
*Disekitar humus ada lapisan debu/ lempung
*Paling bawah adalah kerikil/ pasir.
Hasil uji coba diatas dapat menentukan prosentase besar kecilnya humus atau bahan organik dalam tanah. Yang mana hal tersebut penting untuk diketahui, karena untuk menentukan perkembangan mikro organisme tanah, menentukan jumlah kapasitas tukar kation (mudah tidaknya unsur hara terserap oleh akar) dan akan menentukan agregat atau struktur tanah.

Selamat mencoba, Ayo Beralih Profesi Menjadi Petani. (Bent)

Gambar: 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »