Pertanian Organik Solusi Untuk Kerusakan Lingkungan

Revolusi Ilmiah
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Kalau berbicara mengenai pertanian, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah perihal pupuk. Karena pupuk mempengaruhi akan besar kecilnya hasil yang akan didapat. Berbagai macam pupuk telah di kembangklan untuk memenuhi hasil yang optimal. Tentunya hal tersebut di kejar untuk mencari kuntungan yang sebesar-besarnya. Maka tercetuslah yang namanya pupuk kimia, dimana pupuk yang dihasilkan dari pabrik dengan meramu bahan-bahan kimia anorganik yang berkadar hara tinggi.

Pupuk adalah sejenis zat sistetis maupun organik, yang memiliki fungsi untuk meningkatkan pasokan nutrisi penting yang meningkatkan pertumbuhan tanaman dan vegetasi di dalam tanah. Meski ditujukan untuk memberikan keuntungan bagi manusia, namun dampak dari kegiatan pemupukan pada tanah perlu diperhatikan. Hal ini khususnya pada penggunaan pupuk kimia. Jika dilakukan secara berlebihan, penggunaan pupuk kimia bisa menimbulkan dampak yang justru akan merusak lingkungan. Karena akan membuat kondisi tanah menjadi tidak subur dan padat. Yang mengerikan lagi dengan pengunaan pupuk kimia secara berlebihan dan berkelanjutan akan berdampak mematikan banyak mikro organisme dalam tanah yang sangat dibutuhkan tumbuhan.

Nah untuk itu, melihat kondisi pertanian dewasa ini yang cenderung terus menyumbangkan akan kerusakan kesuburan tanah, maka hal yang penting harus di revolusi adalah dengan kembali menggunakan pupuk ilmiah atau yang biasa disebut dengan organik. Untuk kembali menyeimbangkan dari pada sebuah rantai makanan yang teratur dan seimbang. Maka haruslah dibenahi dulu model pertanian itu sendiri. Agar ekosistem dapat berjalan harmonis maka pupuk organik adalah sebuah solusi yang tepat untuk menanggulangi kerusakan lingkungan sekarang ini. 

Seharunya manusia janganlah mengedepankan sebuah keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena jika pemenuhan nafsu itu terus tak terkendali. Justru manusia sendiri yang akan menciptakan malapetaka bagi kehidupan ini. Pola pikir yang harus dibangun adalah kita sebagai manusia harus menjaga keseimbangan ekosistem yang sudah ditata rapi oleh Sang Pencipta. Kita harus saling menguntungkan dengan kehidupan makhluk yang lain, bukannya mengambil keuntungan dan memeras habis hidup dan kehidupan yang ada. 

Revolusi Ilmiah

Ingat tugas kita adalah penyeimbang bagi bumi ini, bukannya malah merusak dan menimbulkan kesemrawutan bagi bumi. Jika manusia mempunyai sifat keserakahan, menggunakan kepintarannya untuk minteri Sang Pencipta. Maka tunggu saja ending nya...

Jika kerusakan lingkungan terus menerus menunjukan grafik yang meningkat tajam. Kita harus benar-benar mawas diri dan segera bertindak. Dari artikel inilah penulis mengajak kepada seluruh masyarakat Dunia terkhususnya para Petani yang langsung terjun kedalam pertanian. Mari lah kita merevolusi pertanian dengan ilmiah, mari kita kembali menggunakan pupuk organik. Hasil tidak besar bukanlah menjadi masalah, yang terpenting kehidupan anak cucu kita kelak akan terus menerus tercukupi. Mendapat hasil pangan yang cukup tidak akan membuat kita kelaparan.

Mari kita sadarkan diri, bahwa kita hidup tidak sendiri. Jika kerusakan lingkunagan terus terjadi, maka tunggu saja hadirnya cemeti. Ayo Beralih Profesi Menjadi Petani. (Bent)

Gambar:  1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »