Tips Mengatasi dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Hidup Sehat - Resiko tekanan darah tinggi salah satunya adalah Penyakit Jantung
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan suatu gangguan yang terjadi pada pembuluh darah dan jantung ditandai dengan meningkatnya tekanan darah di arteri, sehingga mengakibatkan suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah terhambat sampai ke jaringan tubuh yang membutuhkannya.

Tekanan darah tinggi disebut juga dengan pembunuh gelap (silent killer) karena termasuk penyakit yang mematikan, dimana terkadang tanpa disertai gejala-gejala sebelumnya sebagai peringatan bagi penderitanya. Kalaupun ada gejalanya seringkali dianggap sebagai gejala biasa, sehingga penderitanya terlambat menyadarinya.

Pada info hidup sehat kali ini akan dibahas mengenai bagaimana mengatasi dan mencegah tekanan darah tinggi serta beberapa informasi yang penting mengenai tekanan darah tinggi tersebut sehingga langkah-langkah pencegahan dapat kita lakukan dan gejala-gejala awal yang mengarah kepada tekanan darah tinggi tersebut dapat segera kita tangani, jangan sampai terlambat. Sumber yang saya gunakan adalah dari Artikel Periksa Tekanan Darah Tinggi oleh Puskesmas Mangunsari Salatiga, dengan pengayaan seperlunya.

Kapan Seseorang Disebut Mengidap Tekanan Darah Tinggi?
Tekanan darah normal bervariasi pada setiap orang, tergantung dari usia dan aktivitas sehari-hari. Jika tekanan darah diatas normal maka disebut Tekanan Darah Tinggi. Untuk mengetahui tekanan darah seseorang normal atau tinggi diukur dengan suatu alat yang disebut tensimeter.
  • Normal : Sistolik 110-130 mmHg. Diastolik 70-90 mmHg.
  • Hipertensi : Derajat I (Sistolik 140-159, Diastolik 90-99), Derajat II (Sistolik 160-179, Diastolik 100-109), Derajat III (Sistolik 180 atau lebih, Diastolik 110 atau lebih).

Resiko Tekanan Darah Tinggi
Beberapa resiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi diantaranya :
  • Berusia lanjut (45 tahun keatas)
  • Perempuan yang menopause
  • Keluarga yang mempunyai riwayat penyakit darah tinggi
  • Orang yang tidak melakukan gaya hidup sehat (kurang gerak, rendah serat, tinggi lemak dan tinggi garam, serta merokok)

Gejala-Gejala Tekanan Darah Tinggi
Gejala-gejala tekanan darah tinggi yang terjadi bervariasi pada setiap orang dan hampir sama dengan gejala pada penyakit lainnya. Gejala-gejala tekanan darah tinggi diantaranya : Sakit kepala, Jantung berdebar-debar, Mudah lelah, Penglihatan kabur, Sering buang air kecil terutama di malam hari, Telinga berdengung, Vertigo atau Bumi terasa berputar, Hidung berdarah atau mimisan.

Akibat Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan gangguan pada jantung berupa Serangan jantung, Stroke, Gagal ginjal dan Payah jantung.

Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi umumnya disebabkan oleh : Sakit kepala, Keturunan, Merokok, Kegemukan, Kurang aktivitas fisik/olahraga, Mengkonsumsi minuman keras, Kelainan ginjal.

Hidup Sehat - Olahraga rutin salah satu sarana mencegah penyakit jantung

Tips Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Mengatasi tekanan darah tinggi sebenarnya tidaklah sulit, namun terkadang kurang perhatian dari penderita tersebut atau cenderung meremehkan penyakit tersebut. 3 Tips mengatasi tekanan darah tinggi yaitu :

1. Membiasakan untuk Gaya Hidup Sehat. 

Gaya hidup sehat merupakan dapat dilakukan dan dibiasakan oleh setiap orang dan keluarga. Mulai dari Makan makanan yang bergizi dan seimbang, Olahraga teratur, Istirahat yang cukup serta Mengatasi stres.

2. Menurunkan kelebihan berat badan. 

Berat badan berlebihan merupakan faktor resiko bagi tingginya tekanan darah. Saran untuk menurunkan kelebihan berat badan yaitu : Lakukan olahraga atau aktivitas fisik rutin dengan porsi yang disesuaikan dengan umur dan kondisi, Hentikan konsumsi kopi, rokok dan alkohol, serta Lakukan diet dengan benar terutama penggunaan garam (yang disarankan adalah paling banyak 5 mg atau 1 sendok teh perhari).

3. Minum obat anti hipertensi sesuai dengan anjuran dokter anda.


Hidup Sehat - Periksalah tekanan darah secara rutin

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya tekanan darah tinggi diantaranya :
  1. Memeriksa tekanan darah secara teratur
  2. Mengurangi makanan yang berkadar garam tinggi
  3. Melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari
  4. Melakukan olahraga aerobik (jogging, jalan sehat, renang, bersepeda, senam) selama 20 sampai dengan 60 menit, minimal 3 sampai 5 kali seminggu
  5. Tidak merokok
  6. Menjaga berat badan agar normal
  7. Manajemen stress
  8. Cukup istirahat

Demikian pengetahuan singkat mengenai tekanan darah tinggi, cara mengatasi dan mencegahnya, harapannya adalah kita dapat mengenali gejala dan penyebab dari penyakit tekanan darah tinggi tersebut, kemudian dapat mencegah dan mengatasinya dengan baik dan benar. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2, 3

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »