2 Ramuan Alami Atasi Asma

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Jika ada seorang pasien datang dengan keluhan sesak nafas, batuk dan suara nafas "ngik-ngik" serta ada riwayat keluhan tersebut berulang, perlu untuk kita curigai adanya gejala asma. Asma artinya terengah, yaitu suatu penyakit saluran nafas berupa peradangan kronis yang ditandai dengan gejala mengi, batuk, sesak dan dada terasa berat, dengan variasi gejala dan berulang. Asma sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan genetika. Beberapa faktor resiko timbulnya asma diantaranya alergen (misalnya Debu, Kecoa, Jamur), Polusi udara (Asap pabrik, Asap kendaraaan bermotor), Senyawa kimia lingkungan, Merokok, Infeksi pernafasan. Terjadinya asma dimulai dari adanya peradangan atau inflamasi pada saluran nafas, sehingga dapat meningkatkan kerja dari otot-otot (otot polos) di sekitar saluran nafas, sehingga terjadi penyempitan saluran nafas, inilah penyebab timbulnya suara nafas berupa mengi (suara nafas "ngik-ngik"), secara alami penyempitan saluran nafas tersebut bisa pulih baik dengan obat maupun tanpa obat, namun tidak dapat sembuh secara total, seiring dengan seringnya kejadian asma, maka otot saluran nafas bertambah ukurannya serta jumlah lendirnya sehingga semakin sering gejala asma menyerang, orang akan semakin bertambah sesak, oleh karena itu asma perlu dikontrol. Pada tahun 2005, menurut WHO jumlah penderita asma di dunia mencapai 100-150 juta orang, sedangkan di Indonesia mencapai sekitar 2 juta orang.

Ramuan Alami Atasi Asma

Ramuan alami berarti campuran bahan-bahan yang didapatkan dari tanaman obat baik yang liar (memang sudah ada di alam) atau dibudidayakan. Pada info hidup sehat kali ini akan dibahas mengenai ramuan alami yang dapat membantu mengatasi gejala asma yang timbul (mengi, sesak nafas dan terkadang berkeringat) atau untuk mencegah terjadinya asma seperti yang ditulis dalam buku Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Kesehatan yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan RI 2010.

1. Ramuan Pegagan

Bahan yang digunakan :
  • Pegagan sebanyak 1 genggam
  • Gula batu atau madu secukupnya
  • Air matang sebanyak 1 cangkir
Cara Pembuatan : Pegagan dicuci, kemudian ditumbuk dengan sedikit air matang. Setelah halus ditambah air sisanya dan disaring. Beningnya ditambah gula batu atau madu dan diaduk hingga larut.
Cara Pemakaian : Diminum 1 x sehari 1 ramuan, disarankan pagi sebelum sarapan. Diulang setiap hari sampai sembuh. Untuk pemeliharaan atau kontrol, bisa diminum 1 minggu sekali 1 ramuan.

2. Ramuan Patikan Kebo

Bahan yang digunakan :
  • Patikan kebo sebanyak 7 batang
  • Pegagan sebanyak 1 genggam
  • Kencur sebanyak 3 ibu jari
  • Gula batu atau madu secukupnya
  • Air sebanyak 1 gelas
Cara Pembuatan : Patikan kebo, pegagan, kencur dicuci terlebih dahulu, kemudan ditumbuk dengan sedikit air panas. Setelah halus ditambah air panas (sisanya) dan disaring. Ambilah bagian beningnya dan ditambahkan gula batu atau madu dan aduk hingga larut.
Cara Pemakaian : Diminum 1 x sehari 1 ramuan, pagi hari sebelum sarapan. Diulang tiap hari sampai sembuh, untuk pemeliharaan cukup 1 minggu sekali 1 ramuan.

2 ramuan alami tersebut secara penelitian dapat membantu mengatasi gejala asma yang timbul dan sebagai pencegahan terjadinya asma. Namun tetap perlu diperhatikan, hal-hal teknis pada saat terjadinya serangan, terutama untuk serangan yang berat, bisa langsung konsultasi dengan dokter anda, karena terkadang pada serangan berat dapat mengancam jiwa. Tidak kalah penting juga masalah pencegahan, diantaranya Pola hidup sehat, Menghindari penyebab seperti debu, bulu kucing, udara dingin, stres psikis (baca juga : 4 cara mudah mengatasi stres dan depresi), Olahraga secara teratur, Istirahat yang cukup. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »