5 Tips Budidaya Cabai Diluar Musim

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Cabai merupakan salah satu komoditi yang "harus" ada di pasar, sehingga apabila mengalami kekurangan atau stok habis maka akan terjadi fluktuasi harga. Pada musim tanam cabai, sebagian besar petani memanfaatkan untuk menanam cabai secara masif, bahkan luasan tanam cabai menjadi tidak terkendali, produksi banyak sehingga harga cabai anjlok, karena kebutuhan cabai cenderung stabil, hal tersebut berbeda apabila bukan musim tanam, kejadian sebaliknya, stok sedikit, sehingga terjadi kenaikan harga, bagi petani sendiri hal tersebut didasari pada budidaya yang sulit apabila menanam di luar musim. Oleh karena itu perlu pola tanam yang baik, baik pada saat musim maupun diluar musim tanam.

Revolusi Ilmiah - Cabai perlu dijaga harganya di pasar

Teknologi Budidaya Diluar Musim

Budidaya yang tepat akan mengatasi permasalahan di atas. Kita mengetahui bahwa syarat tumbuhnya tanaman cabai adalah tanah yang gembur, tidak terlalu liat dan tidak terlalu porous, Kaya bahan organik dan memiliki pH tanah 5,5-6,8 serta ketersediaan air yang cukup guna drainase. Varietasnya pun dapat dipilih, terutama diluar musim yaitu Cabai keriting TM 999, Cabai jatilaba, Cabai besar tit super, Cabai merah keriting lokal dan Cabai hibrida. Benih cabai diluar musim harus bebas dari hama dan penyakit serta memiliki daya tumbuh 80%.

1. Pembibitan

Media pembibitan cabai diluar musim hendaknya menggunakan campuran tanah subur dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1, dapat menggunakan kantong plastik atau pembibitan khusus. Tempat pembibitan sebaiknya dilindungi dari sinar matahari, penyiraman dilakukan setiap hari. Umur 25-30 hari bibit siap ditanam di lapangan.

2. Penyiapan lahan

Tanah yang akan digunakan dibersihkan atau dicangkul, sebaiknya gunakan bedengan dengan ukuran 120 cm, tinggi 40-50 cm dengan jarak antar bedengan 50 cm. Apabila pH kurang dari standar berikan kapur dolomit sebanyak 2 ton/ha, bersamaan dengan pemberikan pupuk kandang atau pupuk dasar pada saat pengolahan tanah tahap akhir. Siram seluruh permukaan bedengan dengan air hingga lembab, tutup dengan mulsa plastik.

Revolusi Ilmiah - Cara pemasangan MPHP

3. Mulsa plastik hitam perak (MPHP)

Siapkan mulsa plastik 12 roll/ha. Pemasangan mulsa plastik dilakukan pada saat terik matahari supaya memudahkan plastik mengembang dan mudah ditarik. MPHP ditebarkan di atas bedengan, warna perak menghadap ke atas dan warna gelap/hitam menghadap ke tanah. Selanjutnya tepi-tepi dari MPHP ditarik kuat ke arah bawah hingga mengembang, jepit tepi plastik dengan bilah bambu tipis sepanjang 40 cm di sepangjang tepinya, pada setiap jarak 40-50 cm.

4. Penanaman

Lubang tanam dibuat dengan jarak tanam 60 cm dalam barisan dan 70-80 cm atar barisan. Bibit yang telah disiapkan disarankan untuk ditanam pada pagi hari atau sore hari.

5. Pemeliharaan

Pemeliharaan dilakukan dengan penyulaman paling lambar 1 minggu guna mengganti bibit yang mati atau sakit, pengairan dilakukan dengan cara disiram setiap lubang. Guna menopang berdirinya tanaman dapat diberikan ajir setinggi 125 cm. Tunas-tunas air yang tumbuh di bawah cabang utama dipangkas.


Demikian 5 teknologi budidaya cabai diluar musim supaya diperoleh hasil yang optimal. Selain itu pula perlu diberikan pestisida alami jika diperlukan serta kurang lebih 60-70 hari pasca tanam, umumnya sudah bisa dipanen. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »