6 Detik Berharga Bagi Kesehatan Lansia

Revolusi Ilmiah - Glasgow

Lanjut Usia atau Lansia merupakan istilah yang sering digunakan untuk pria dan wanita yang telah berusia lanjut. Batasan umur seorang Lansia menurut WHO adalah 60-74 Tahun, sedangkan menurut UU No 13 Tahun 1998 adalah 60 Tahun. Seorang lansia umumnya ditandai dengan gagalnya orang tersebut dalam mempertahankan keseimbangan dalam kesehatan baik fisik maupun psikis, oleh karena itu perlunya manajemen lansia serta pencegahan perburukan kondisi pada Lansia maupun sebelum Lansia.

Revolusi Ilmiah - Latihan dan Olahraga adalah kunci kesehatan Lansia

Latihan 6 Detik

Sebuah penelitan di Skotlandia yang melibatkan 12 Pensiunan yang berumur diatas 60 Tahun memperlihatkan bagaimana respon yang baik terhadap olahraga "keras" selama 6 detik dapat mengubah kesehatan seorang Lansia. Aktivitas keras tersebut diharapkan dapat mengurangi tekanan darah dan memperbaiki kebugaran secara umum. Latihan itu adalah Latihan Intensitas Tinggi (High Intensity Training-HIT), latihan tersebut merupakan latihan biasa semisal bersepeda atau berlari, namun dengan Intensitas lebih tinggi atau lebih keras dalam waktu 6 detik per harinya.

Peserta diminta untuk mendatangi laboratorium penelitan dua kali seminggu selama enam minggu dan bersepeda cepat dalam waktu 6 detik, sambil diukur detak jantungnya, setelah detak jantungnya normal, mereka diminta untuk bersepeda kembali sampai akhirnya melakukan olahraga selama 1 menit pada akhir percobaan. Pada intinya ada waktu cepat yang digunakan untuk beraktivitas lebih berat dari biasanya. "Mereka tidak bergerak sangat cepat, namun cukup cepat untuk orang pada usia mereka." kata peneliti Dr. John Babraj.

Revolusi Ilmiah - Biaya perawatan lansia mahal
Hasil penelitian HIT menarik perhatian banyak peneliti, karena latihan tersebut menjanjikan keuntungan kesehatan yang sama dengan latihan biasa kepada Lansia, dengan waktu yang lebih pendek dan efektif. Hal mendasar yang lain adalah bahwa dengan temuan tersebut dapat membantu mengurangi biaya perawatan yang mahal untuk manula. (okw)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »