Hidroponik 2-Berkebun Hidroponik untuk Pemula


Pc 1. Hidroponik (hidroponics.co.nz)

pH

Sebagian besar tanaman dapat tumbuh dengan hidroponik dalam pH antara 5,8 sampai 6,8, pH 6,3 adalah pH yang paling optimal. pH dalam sistem hidroponik lebih mudah diketahui daripada pH dalam tanah. Banyak toko-toko perlengkapan, hewan dan hidroponik yang menjual perlengkapan tes pH. Harganya berkisar 4 Dolar sampai 15 Dolar, tergantung jangkauan dan tipe tester yang kamu pilih. Alat tes pH mudah digunakan dan peralatan penting dalam sistem Hidroponik. Jika pH terlalu tinggi atau terlalu rendah, tanaman tidak dapat menyerap nutrisi tertentu dan akan menunjukkan tanda-tanda kekurangan nutrisi. pH seharusnya dicek sekali seminggu. Mudah untuk menyesuaikan pH baik dengan menambahkan Cairan Potasium untuk menaikkan pH atau Asam Fosfat untuk menurunkan pH. Ada beberapa pH meter yang saat ini tersedia. Hal tersebut memberikan gambaran pembacaan sistem pH secara ditgital. pH meter tersebut harganya sekitar 100 US Dolar dan tidak diperlukan dalam sebagian besar kasus.

Sistem Hidroponik

Sistem Hidroponik dapat berupa Sistem Aktif atau Pasif. Sistem hidroponik yang Aktif secara terus menerus menyalurkan cairan nutrisi, biasanya dengan menggunakan pompa. Sedangkan Sistem Hidroponik yang Pasif tergantung dari respon kapiler dari Media Pertumbuhan atau sebuah sumbu. Cairan Nutrisi diserap oleh Media atau sumbu dan berjalan sepanjang akar. Sistem Pasif biasanya terlalu basah dan tidak memberikan asupan oksigen yang cukup ke sistem akar untuk tingkat pertumbuhan yang optimal.
Sistem Hidroponik dapat juga dibagi menjadi recovery atau non-recovery. Sistem Recovery atau sistem sirkulasi menggunakan kembali Larutan Nutrisi. Sedangkan Non-Recovery Sitem berarti Larutan Nutrisi dipakai untuk Media Pertumbuhan dan bukan untuk pengulangan.

Sistem Sumbu

Sistem sumbu adalah sebuah Tipikal Sistem Hidroponik Pasif Non-Recovery. Sistem itu tidak digunakan memompa dan memindahkan bagian-bagian. Nutrisi-nutrisi disimpan dalam sebuah penyimpanan dan disalurkan ke sistem akar oleh aksi kapiler yang terkadang sering menggunakan sebuah sumbu lilin atau lentera. Dalam istilah sederhana, Larutan Nutrisi berjalan melalui sumbu dan menuju ke sistem akar dari tanaman. Sistem sumbu sering menggunakan juga Pasir atau Perlite, Campuran Vermiculite dan sebuah Media Pertumbuhan. Sistem sumbu sangat mudah dan tidak mahal dalam hal penggunaan dan perawatannya. Meskipun, sistem tersebut membuat media pertumbuhan tetap basah, dimana tidak memungkinkan untuk tercukupinya jumlah oksigen secara optimal di sistem akar. Sistem sumbu bukanlah cara yang paling efektif untuk tanaman dengan hidroponik.

Ebb dan Sistem Aliran

Ebb dan Sistem Aliran Hidroponik merupakan tipikal sistem Aktif Recovery. Ebb dan Aliran menggunakan pompa Submersible dalam penampungan dan tanaman-tanaman yang ada di tempat lebih tinggi. Mereka bekerja dalam sebuah teori aliran dan pengairan yang sederhana. Penyimpanan berperan menampung Larutan Nutrisi dan pompa. Ketika pompa dinyalakan, Larutan Nutrisi dipompa ke tempat yang lebih atas dan didistribusikan ke sistem akar dari tanaman. Pompa tetap mengalirkan Larutan sampai kurang lebih 20-30 menit, yang disebut Siklus Aliran. Ketika air sudah mencapai level yang diingkan, sebuah aliran yang berlebihan menyebabkan Larutan Nutrisi untuk tersalur kembali ke dalam penyimpanan. Pompa tetap berjalan dalam seluruh siklus aliran. Setelah itu siklus aliran Nutrisi perlahan-lahan kembali ke dalam tempat penyimpanan melalui pompa.
Selama siklus aliran, udara dengan sedikit oksigen dipompa keluar dari sistem akar oleh aliran ke atas dari Larutan Nutrisi. Ketika Larutan Nutrisi kembali ke penyimpanan, udara yang kaya akan oksigen ditarik menuju media pertumbuhan. Hal ini memungkinkan akar yang cukup oksigen untuk mengambil nutrisi secara maksimal. Rockwool dan batu pertumbuhan adalah media pertumbuhan yang paling sering digunakan dalam Tipe Sistem Ebb and Flow. Rockwool dan batu tumbuh adalah media pertumbuhan yang paling sering digunakan dalam tipe Ebb and Flow sistem. Ebb and Flow murah dalam perawatan tetapi merupakan tipe yang sangat efektif untuk berkebun secara hidroponik.

Nutrient Film Technique

Pc 2. NFT (simplyhydro.com)
Sistem Nutrient Film Technique atau NFT merupakan sebuah sistem hidroponik tipe Aktiv Recovery. Dan juga menggunakan pompa Submersible dan Larutan Nutrisi yang digunakan kembali. NFT menggunakan sebuah penampungan dengan satu pompa submersible yang memompa Larutan Nutrisi ke dalam sebuah tabung yang mana akar diletakkan. Tabung tersebut diletakkan pada sudut dengan arah kebawah sehingga Larutan Nutrisi dapat melalui akar dan kembali ke penampungan. Larutan Nutrisi dapat mengalir ke akar 24 jam sehari.
Oksigen dibutuhkan dalam tabung sehingga lubang-lubang kapiler atau batuan udara harus digunakan. Tanaman harus ditopang oleh sebuah collar penopang atau keranjang dan media pertumbuhan tidak perlu digunakan. Sistem NFT sangat efektif. Meskipun, para petani hidroponik pemula menganggap itu sulit.  Bahkan cara tersebut sangat kejam, dimana tanpa media pertumbuhan tetapi harus menjaga kelembapan yang diinginkan, aliran nutrisi yang yang dialirkan terus menerus dapat menyebabkan akar kering dan tanaman menderita dan kemungkinan besar akan mati

Drip yang Terus Menerus

Sistem Drip yang terus menerus adalah sebuah tipikal sistem Aktiv Recovery dan Non-Recovery. Sistem ini menggunakan sebuah pompa Submersible dalam satu penampungan dengan saluran menuju masing-masing tanaman. Dengan Drip Emitter untuk masing-masing tanaman, penanam dapat memperkirakan kebutuhan Larutan untuk masing-masing tanaman. Sebuah Tempat tampung Drip dibawah masing-masing barisan tanaman, mengirim kembali Larutan ke tempat penampungan (Reservoir), hal ini dapat membuat sistem tersebut adalah sebuah tipe Aktiv Recovery. Pada awal penanaman dengan hidroponik, Larutan ekstra tercuci ke dalam tanah. Sistem Continous Drip sering digunakan dengan Rockwool. Bagaimanapun juga, banyak media pertumbuhan dapat digunakan dengan sistem ini, sesuai dengan drip emitter dari masing-masing individu

Membeli Sebuah Sistem atau Membangun Sistem Hidroponik

Inilah pertanyaan yang paling sering ditemui terkait dengan Hidroponik. Apakah saya perlu membeli atau membuat sendiri? Penulis merekomendasikan untuk memadukan keduanya. Jika anda mempunyai pikiran dan mimpi untuk membangun sendiri sistem hidroponik, belilah terlebih dahulu! Belilah sistem yang tidak terlalu mahal, hal ini memungkinkan anda untuk praktik dan memahami bagaimana sistem hidroponik itu. Pengalaman itulah yang sangat berharga untuk memahami sistem dan peluang yang ada, dengan demikian anda akan mampu untuk mengoptimalkan sistem tersebut untuk membangun sistem terbaik yang anda inginkan.
Jika anda menginginkan untuk membangun sistem anda sendiri, selalu lakukan uji coba. Dapatkan seluruh informasi dan jangan hanya terpaku dengan satu sumber saja. Hal ini seperti sebuah industri yang selalu berubah dan begitu banyak buku yang masih digunakan namun sudah kadaluarsa. Membangun sistem anda sendiri dapat berhasil namun juga gagal, prinsipnya trial and error, oleh karena itu bersabarlah.
Berkebun dengan Hidroponik memiliki masa depan yang cerah. Sekarang ini dipelajari hampir diseluruh pelajaran di berbagai negara, komunitas lokal pertanian dan di pemerintahan. Sekarang ini merupakan hobi yang sangat populer. Hidroponik sangat menarik, menegangkan dan mudah untuk ketagihan karenanya. (M-ANT)

End
Diedit dan ditranslate dari hydroponics.net

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »