Selamatkan Dunia Dengan Pertanian Organik



Pertanian Organik adalah suatu system pertanian yang mengedepankan keseimbangan ekosistem alam, menghayati prinsip-prinsip penciptaan yang berjalan di alam yang penuh dengan keseimbangan. yang mana hal tersebut telah berjalan semenjak berjuta-juta abad yang lalu. Pertanian Organik merupakan proses pengolahan budidaya pertanian yang menyelaraskan pada keseimbangan ekosistem, keanekaragaman varietas, serta keharmonisan untaian kehidupan dan lingkungan sekitar. Dalam prakteknya, budidaya Pertanian Organik menggunakan semaksimal mungkin bahan-bahan alami yang terdapat di alam sekitarnya, dan tidak menggunakan asupan agrokimia (bahan kimia sintetis untuk pertanian). Lebih jauh, karena Pertanian Organik berusaha ‘meniru’ alur kerja alam, maka pemakaian benih atau asupan yang mengandung bahan-bahan hasil rekayasa genetika (GMO/Genetically Modified Organism) juga dihindari.


Kerapkali Pertanian Organik hanya dipahami secara teknis bertani yang menolak asupan kimiawi atau sebagai budidaya pertanian yang anti modernisasi atau disamakan dengan pertanian tradisional. Pemahaman ini sungguh kurang tepat. Pertanian Organik bukan sekedar teknik atau metode bertani, melainkan juga cara pandang, sistem nilai, sikap dan keyakinan hidup Pertanian Organik memandang alam secara menyeluruh, komponennya saling tergantung dan menghidupi, dimana manusia juga adalah bagian di dalamnya. Sistem nilai Pertanian Organik mendasarkan pada prinsip-prinsip hukum alam. Pertanian Organik juga mengajak petani dan manusia umumnya untuk arif dan kreatif dalam mengelola alam yang tercermin dalam sikap dan keyakinannya. Pertanian Organik juga tidak menolak penggunaan teknologi modern di dalam praktek budidayanya, sejauh teknologi modern tersebut selaras dengan prinsip Pertanian Organik, yaitu keberlanjutan, penghargaan pada alam, keseimbangan ekosistem, keanekaragaman varietas, kemandirian dan kekhasan lokal. Maka, baik kearifan tradisional dan teknologi modern yang tunduk pada prinsip alam, keduanya mendapat tempat dalam Pertanian Organik.


Gerakan Pertanian Organik mencoba menghimpun seluruh usaha petani dan pelaku lain, yang secara serius dan bertanggungjawab menghindarkan asupan dari luar yang meracuni lingkungan dengan tujuan untuk memperoleh kondisi lingkungan yang sehat. Mereka juga berusaha menghasilkan produksi tanaman yang berkelanjutan dengan cara memperbaiki kesuburan tanah dan menggunakan sumberdaya alami seperti mendaur ulang limbah pertanian.


Budidaya Pertanian Organik, juga mendorong kemandirian dan solidaritas di antara petani sebagai produsen. Mandiri untuk tidak tergantung pada perusahaan-perusahaan besar penyedia pupuk dan bahan agrokimia serta perusahaan bibit. Solidaritas untuk berdaulat dan berorganisasi demi mencapai kesejahteraan, pemenuhan hak dan keadilan sosial bagi petani.


Untuk itu gerakan system Pertanian Organik ini harus terus digalakan dan disosialisasikan ke lapisan petani di indonesia. Lahan yang begitu membentang luas menjadikan prospek yang tinggi Pertanian Organik dapat berkembang baik di Indonesia. senada dengan penelitian memuaskan Pertanian Organik yang dilakukan oleh International Journal of Agricultural Sustainability. Dan itu juga demi keberlangsungan kehidupan anak cucu kita kedepan. almiah adalah solusi terbaik bagi manusia untuk terus dapat bertahan dan berkrya. Selamatkan bumi, selamatkan lingkungan, selamatkan anak cucu kita. Go Pertanian Organik. Ayo... Kembali Ke Pertanian Organik. (r.a)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »