10 Manfaat Jahe Ini Sungguh Menakjubkan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat Pengetahuan
Jahe adalah jenis tanaman rempah - rempah di Indonesia. Konon para penjajah masuk ke negeri ini karena alasan berebut ingin mendapatkan salah satunya tanaman Jahe. Fungsi jahe sendiri sungguh bagus untuk kesehatan, kesegaran untuk minuman, Penghangat tubuh, dan untuk campuran makanan. 

Di Indonesia yang memang negara tropis, jahe dapat tumbuh dengan baik. Dengan nama latin (Zingiber officinale Rosc), yang termasuk kedalam kelas Monocotyledon yaitu tanaman berkeping satu dan famili Zingiberaceae atau famili temu-temuan.

Namun tahukah anda di balik banyaknya negara asing yang datang menjajah ke Indonesia untuk mengambil rempah jahe? Memang jahe mengandung manfaat yang menakjubkan, sehingga fajar jika menjadi rebutan oleh negara-negara asiang. Berikut 10 manfaat jahe yang luar biasa seperti yang dilansir akuinginsukses.com.
1. Memperlancar Pernafasan

Kandungan antihistamin jahe membantu penyembuhan alergi. Jahe juga dikenal mampu menghalangi kontraksi saluran udara dan membantu menstimulasi sekresi lender. Jahe merupakan herbal pilihan untuk mengobati batuk meradang dan sakit tenggorokan yang disertai demam. Satu sendok teh jahe yang dicampur madu terbukti efektif dalam mengobati sakit tenggorokan.


2. Mengobati Mual dan Muntah

Mengunyah jahe dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Berdasarkan penelitian, jahe dapat mengobati rasa mual yang muncul akibat operasi, dan mabuk darat, mabuk laut, dll. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual akibat dari kemoterapi. 


3. Mencegah Rasa Mual di Pagi Hari

Beberapa wanita yang hamil berpendapat bahwa jahe membantu mencegah rasa mual di pagi hari. Namun sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya. 


4. Menambah Nafsu Makan

Tingkatkan nafsu makan dengan mengkonsumsi jahe segar sebelum anda mulai makan. Jahe dapat membantu pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. 


5. Membantu Pencernaan

Baru saja makan besar? Makanlah jahe. Jahe membantu proses penyerapan dan asimilasi nutrisi penting dan membantu pencernaan. Jahe juga membantu memecah protein dalam makanan yang anda makan. Jahe melindungi perut anda dari maag dengan meningkatkan sekresi lendir.


6. Anti Perut Kembung

Redakan perut kembung dengan jahe. Jahe memiliki khasiat untuk mengeluarkan gas dan perut kembung.


7. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

Jahe, jika dikonsumsi di awal periode menstruasi, dapat mengurangi gejala sakit menstruasi pada wanita. 


8. Meredakan Sakit Kepala

Mengoleskan jahe yang dihaluskan pada kening diyakini dapat meredakan sakit kepala migraine. Khasiat jahe untuk mencegah sintesis prostaglandin membantu mengurangi rasa sakit dan inflamasi pada pembuluh darah sehingga membantu meredakan migraine. 


9. Radang Sendi

Kandungan analgesic dan anti-inflammatory dari jahe membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi pada sebagian orang. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada otot dan sendi, tambahkan ginger oil pada air mandi anda.


10. Kanker

Akar jahe mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi. Jahe memiliki khasiat untuk memperlambat kematian sel (apoptosis) dan menekan protein tertentu. Berdasarkan beberapa penelitian, jahe merupakan senjata ampuh dalam melawan kanker.

Itu tadi Sahabat Revolusi, 10 manfaat jahe yang sangat bagus untuk tubuh kita. Ayo konsumsi jahe... (r.a)

Picture from: anneahira.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »