7 Tips Tidur Berkualitas dan Nyenyak

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Salah satu kebutuhan dasar dari manusia adalah tidur. Pada artikel tidur nyenyak bukanlah impian sudah dipaparkan tentang bagaimana proses tidur normal. Pada info hidup sehat kali ini akan mengetengahkan tips tentang tidur yang nyenyak seperti dilansir sleepfoundation. Namun sebelumnya perlu kita ketahui bahwa, selain tidur merupakan kebutuhan dasar seseorang, tidur merupakan kegiatan aktif yang perlu dikondisikan bagaimana supaya berlangsung dengan baik dan benar, tanpa menciptakan suatu kondisi tidur yang baik dan benar maka seseorang akan sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan pada tahap selanjutnya terjadi gangguan tidur, beberapa gangguan tidur yang sering dialami antara lain : terjadi halusinasi, mudah marah, penurunan kognitif, gangguan penilaian moral, berkurangnya kemampuan dalam reaksi dan akurasi, sakit dan nyeri otot, faktor resiko diabetes tipe dua, resiko penyakit jantung dan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Hidup Sehat - Tidur nyenyak adalah impian setiap orang

Tips Tidur Berkualitas dan Nyenyak 

1. Agendakan untuk waktu tidur malam yang sama pada saat tidur dan bangun tidur, meskipun pada akhir pekan.

Mengagendakan waktu tidur merupakan kebiasaan yang baik dalam usaha mendapatkan tidur yang nyenyak, hal tersebut berkaitan dengan irama harian tubuh, dengan adanya waktu tidur yang kurang lebih sama maka tubuh akan terbiasa dan sudah beradaptasi dengan waktu tidur dan pada umumnya saat jam atau waktu yang biasa sudah diagendakan orang tersebut akan kantuk serta apabila tidur maka tidurnya akan nyenyak seperti biasa.

2. Membiasakan diri melakukan relaksasi dan menyelesaikan tugas pentingnya sebelum tidur.

Melakukan relaksasi atau peregangan dan menyelesaikan tugas pentingnya sebelum tidur sangat membantu dalam mencapai tidur yang nyenyak, karena dengan relaksasi dan menyelesaikan tugasnya sebelum tidur, tubuh akan menjadi rileks, ketegangan berkurang, pikiran lebih nyaman dan fase tidur nyenyak atau stadium 3 dan 4 dari tidur mudah dicapai (baca stadium tidur normal).

3. Sebaiknya tidak melakukan tidur siang, apabila terpaksa lakukanlah tidur saat sore hari.

Tidur siang memang terkadang dilakukan untuk pemulihan kondisi tubuh setelah bekerja seharian, namun ternyata tidur siang dapat mengganggu siklus harian tubuh terutama mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Oleh karena itu apabila memang membutuhkan istirahat pada tengah hari, disarankan untuk istirahat pada saat sore dengan durasi kurang dari satu jam, supaya istirahat malam dapat berlangsung dengan nyenyak.

4. Rutin berolahraga setiap hari.

Rutin berolahraga selain membantu mendapatkan tidur yang nyenyak, juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum. Orang yang rutin berolahraga, dibandingkan dengan orang yang kurang aktivitas maupun kurang olahraga sangat berbeda dalam kesehatannya dan tidurnya. Olahraga diantaranya membantu dalam hal memperlancar peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, paru-paru, otot dan tulang.

 

5. Mendesain ruangan tidur.

Ruangan tidur sangat berpengaruh terhadap tidur yang nyenyak, diantaranya : Suhu rungan disarankan untuk tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, antara 20-23 derajat celcius maupun dapat disesuaikan dengan masing-masing, kondisi yang nyaman, tidak merasa dingin maupun panas; Hindari ruangan yang bising, baik itu alat elektronik semisal televisi, kendaraan bermotor maupun gaduh karena orang.

Hiidup Sehat - Ruang tidur adalah salah satu penentu tidur nyenyak

 6. Tidur dengan tempat tidur dan bantal yang nyaman.

Memilih tempat tidur dan bantal yang nyaman sangat dianjurkan, disesuaikan dengan kondisi tubuh pada saat tidur, karena sangat menentukan apakah seseorang dapat tidur nyenyak atau tidak. Tempat tidur dan bantal yang nyaman dan berkualitas tentu saja akan menambah gairah seseorang untuk tidur dan tidurnya pun akan nyenyak.

 

7. Menggunakan lampu kamar dengan sinar yang cukup.

Lampu kamar sangat membantu seseorang untuk dapat tidur nyenyak. Lampu yang disarankan adalah lampu yang memiliki sinar cukup, namun tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, namun hal tersebut perlu juga disesuaikan dengan masing-masing, ada yang memang lebih suka di tempat terang ada pula yang di tempat gelap.

Demikian 7 tips tidur berkualitas dan nyenyak. Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang, ditambah dengan kebutuhan untuk tidur yang cukup, nyenyak dan berkualitas akan membuat orang lebih produktif dan berpenampilan lebih baik, oleh karena itu mari kita berusaha menciptakannya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »