5 Makanan dan Minuman Pencegah Batu Ginjal

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Batu ginjal merupakan sebuah massa yang dibentuk oleh ginjal dan berada pada saluran kemih, bisa terdapat dalam ginjal itu sendiri, maupun dalam ureter (saluran antara ginjal dengan kandung kemih), dalam kandung kemih, batu ini dapat menyebabkan sumbatan, perdarahan, rasa nyeri maupun infeksi. Bahan padat yang sering membentuk batu ginjal diantaranya kalsium, oksalat dan juga fosfat. Gejala yang sering timbul akibat batu ginjal diantaranya : 

Hidup Sehat - Batu ginjal harus dikenali dan dicegah
  • Nyeri bagian punggung bawah, perut bawah dan daerah disekitar selangkangan. Kualitas nyeri tergantung dari besarnya batu dan letak batu.
  • Demam dan menggigil. Demam dan menggigil disertai nyeri bagian punggung bawah perlu dicurigai adanya batu ginjal.
  • Mual dan Muntah. Batu ginjal yang berat pada umumnya dapat menyebabkan rasa mual dan muntah, pengobatan awal mual dan muntah adalah obat anti muntah, anti nyeri dan kalau perlu infus.
  • Keluar darah dalam urin. Darah dalam urin atau hematuria merupakan gejala yang umum terjadi pada batu ginjal. Proses terjadinya adalah batu ginjal mengiritasi saluran kemih sehingga darah yang dikeluarkan biasanya adalah darah segar yang bercampur urin.


Pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mengetahui adanya batu ginjal diantaranya : Hasil analisis air seni menunjukkan darah, nanah atau kristal batu. Pemeriksaan penunjang lain yang dapat dilakukan diantaranya rotgen perut (dapat menunjukkan adanya batu), urografi intravena dan urografi retrograde.


Pencegahan batu ginjal yang dapat dilakukan antara lain : Istirahat cukup, Minum air putih minimal 2 liter sehari, Mengendalikan dan memanajemen stres dengan baik, Mengurangi makanan yang mengandung minyak dan gararm. Selain Pencegahan alami tersebut, ada pencegahan dari makanan sehari-hari yang dapat kita konsumsi, seperti dilansir dailyhealthpost dengan judul "5 Everyday Foods That Can Help Prevent Kidney Sones".


Makanan dan Minuman Pencegah Batu Ginjal

Hidup Sehat - Lidah buaya

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan sejenis tumbuhan yang secara alami dikenal ribuan tahun untuk membuat subur rambut, perawatan kulit serta mengobati luka. Sekarang ini dengan perkembangan teknologi dan penelitian ternyata lidah buaya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Hal tersebut juga didasarkan pada kandungan tanaman tersebut diantaranya : enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Hidup Sehat - Jeruk banyak manfaatnya

2. Jeruk Segar

Jeruk segar adalah salah satu minuman yang sangat cocok untuk mengatasi dahaga terutama pada siang hari. Namun selain manfaat tersebut, ternyata kandungan citrat yang ada dalam jeruk terbukti membantu mencegah terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu sebaiknya memang rutin mengkonsumsi jeruk segar untuk mencegahan batu ginjal, disamping itu manfaat jeruk lainnya, yaitu : Sumber vitamin C, Bahan wewangian dan Rempah-rempah.

Hidup Sehat - Sayuran hijau

3. Sayuran Hijau

Manfaat sayuran hijau sangatlah banyak diantaranya : Sebagai anti oksidan, Sumber vitamin dan mineral, Menjaga kesehatan mata, Membantu menjaga kesehatan tulang, Membantu melancarkan pencernaan, Meningkatkan fungsi hormon, Mengandung calsium. Kaitannya dengan kalsium yang ada dalam sayuran tersebut adalah bahwa dengan kalsium alami ternyata dapat mencegah terjadinya batu ginjal, hal tersebut berbeda dengan fungsi kalsium yang diberikan melalui supplemen atau bahan kimia.

Hidup Sehat - Lemon

4. Lemon

Manfaat rutin mengkonsumsi lemon diantaranya : Membantu menurunkan berat badan, Mencegah penyakit hati/liver, Membantu penyembuhan keluhan pernafasan, Mencegah penuaan. Disamping manfaat tersebut, kandungan antioksidan dan citrat yang ada dalam lemon juga dapat mencegah terjadinya batu ginjal, bahkan kandungan citrat dalam lemon lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk segar. Konsumsi lemon setiap hari baik untuk kesehatan.

Hidup Sehat - Daun selada

5. Selada

Selada membantu meningkatkan intake air yang ada padanya, dengan konsumsi selada setiap hari membantu menambah jumlah air dalam tubuh sehingga hal tersebut sangat baik untuk pencegahan batu ginjal, disamping tentu saja memenuhi kebutuhan konsumsi air minimal 2 liter sehari. Manfaat selada yang lain antara lain : Sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, Menguatkan tulang, Meningkatkan kesuburan bagi laki-laki dan perempuan dan Membantu mencegah penuaan dini.

Demikian makanan dan minuman yang dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal, bahan-bahan tersebut memang mudah untuk didapat selain itu juga tidak mahal, jika dibandingkan dengan pengobatan batu ginjal, baik itu dengan konsumsi obat maupun dengan operasi. Oleh karena itu betul sekali dengan mengenali pola hidup yang sehat dengan konsumsi makanan dan minuman yang sehat, olahraga yang teratur serta menjaga kondisi tubuh dan pikiran untuk tetap fit dan bugar adalah hal yang harus kita ciptakan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)
Gambar 1, 2, 3, 4, 5, 6

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »