3 Ramuan Alami Bantu Hentikan Mimisan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Mimisan atau hidung berdarah (Epistaksis) merupakan salah satu gejala penyakit yang ditandai dengan adanya perdarahan di hidung. Penyebab mimisan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : 
  1. Perdarahan Lokal. Perdarahan lokal ini sebagian besar disebabkan akibat trauma hidung, misalnya pada Kecelakaan lalu lintas, Kecelakaan saat olahraga, Kecelakaan kerja. Trauma hidung yang terjadi umumnya karena melukai mukosa hidung yang disana banyak pembuluh darah, bisa juga karena patahnya tulang hidung. Kejadian lain dari perdarahan lokal juga dapat disebabkan oleh karena adanya tumor maupun infeksi (misalnya sinusitis), baik tumor dan infeksi keduanya jelas mengganggu sistem pembuluh darah yang ada di hidung.
  2. Perdarahan Sistemik. Sistemik artinya seluruh tubuh. Perdarahan sistemik umumnya diakibatkan karena ada kelainan yang terjadi pada seluruh tubuh misalnya Darah tinggi (hipertensi), Penyakit Demam Berdarah, Kelainan darah (Semisal hemofilia, Leukemia dan Autoimune Trombositopenic Purpura (ATP)).
Hidup Sehat - Mimisan harus segera ditangani
Penyebab lain dari mimisan selain yang disebutkan diatas diantaranya : Pilek/influenza atau alergi (yang ditandai dengan bersin-bersin), Membuang ingus terlalu sering dan keras, Membaui bahan kimia atau gas yang menyengat, Kedinginan atau kepanasan, Penyakit jantung, Merokok, Konsumsi alkohol, Konsumsi obat (semisal obat pengencer darah).
Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya mimisan diantaranya: Sebaiknya jangan sering mengupil karena kecenderungan untuk melukai mukosa hidung, Jangan menggunakan dan meletakkan benda-benda pada hidung karena selain mengganggu hidung juga dapat mengakibatkan perdarahan, Usahakan untuk memotong kuku secara teratur, Bagi yang memiliki kelainan darah, selalu konsultasikan secara rutin kepada dokter.

Ramuan Alami untuk Mimisan

Pada artikel ini akan dipaparkan mengenai ramuan alami  untuk membantu menghentikan mimisan, diambil dari buku Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Kesehatan yang dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI Tahun 2010.

Hidup Sehat - Daun sirih

1. Ramuan Daun Sirih

Bahan yang Digunakan :
  • Daun sirih (Bisa juga daun bandotan/daun dewa/daun kastuba/daun jambu biji) secukupnya
Cara Pemakaian : Daun yang digunakan dibersihkan, kemudian diremas-remas atau digulung kecil-kecil, masukkan ke dalam lubang hidung yang berdarah (fungsinya adalah menyumbat keluarnya darah), sambil sedikit ditekan dari luar.

Hidup Sehat - Umbi bidara upas

2. Ramuan Umbi Bidara Upas

Bahan yang Digunakan :
  • Umbi Bidara Upas sebanyak 2 jari
  • Madu sebanyak 1 sendok makan
  • Air panas sebanyak 1 gelas
Cara Pembuatan : Cuci bersih umbi bidara upas, kemudian diparut dan diseduh dengan air panas, lalu saring.
Cara Pemakaian : Minumlah hasil saringan tersebut setelah dingin. Lakukan 2 kali sehari.

Hidup Sehat - Akar alang-alang

3. Ramuan Akar Alang-alang

Bahan yang Digunakan :
  • Akar alang-alang sebanyak 1 genggam
  • Temulawak sebanyak 5 iris
  • Gula merah secukupnya
  • Air sebanyak 2 gelas
Cara Pembuatan : Bahan yang disediakan (akar alang-alang, temulawak dan gula merah) direbus dengan air 2 gelas.
Cara Pemakaian : Diminum 2 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

Selain ramuan yang disebutkan diatas untuk mengatasi mimisan, ada 3 tindakan dasar yang dapat dilakukan pada saat terjadi mimisan sampai ramuan disajikan, yaitu : Memencet bagian hidung depan kurang lebih 3 menit untuk membantu menghentikan perdarahan, Posisikan duduk (jangan tiduran) dan Oleskan es batu pada leher dengant tujuan untuk vasokonstriksi pembuluh darah leher. Demikian ramuan dan tips mengatasi mimisan pada info hidup sehat kali ini, semoga mimisan yang terjadi selain dapat diatasi dengan baik juga diketahui pasti penyebab (terutama karena penyaki tertentu) untuk segera dilakukan tindakan medis sebagaimana advis atau saran dokter. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2, 3, 4

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »