4 Ramuan Alami Mengatasi Sembelit

Hidup Sehat - Sembelit sangat mengganggu
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Sembelit atau sering disebut Konstipasi (Constipation) merupakan suatu kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan manusia, dimana terjadi pengerasan tinja yang berlebihan sehingga mengakibatkan tinja tersebut sulit untuk dikeluarkan dan dapat pula menyebabkan kesakitan pada penderitanya. Umumnya dimulai dari rasa tidak enak pada perut, karena memang feses mengalami pengerasan. Sembelit yang cukup hebat dapat pula disebut dengan Obstipasi. Penyebab yang sering (terutama pada lansia) diantaranya : Pola makan yang kurang baik, Makanan kurang mengandung serat, Kurang minum 2 liter air perhari, Kurang tidur, Kebisaan buang air besar tidak teratur, Mengabaikan keinginan buang air besar (BAB), Stres psikis. (Baca : Cara mudah mengatasi stres dan depresi) Saran umum yang sering diberikan adalah sebaiknya Jangan menahan buang air besar, Jangan mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas, Jangan memakan makanan dalam porsi yang berlebihan, Jangan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang dingin serta Jangan minum banyak kafein (contohnya kopi). Pada info hidup sehat kali ini, akan diketengahkan ramuan alami yang bisa membantu mengatasi sembelit tersebut seperti ditulis dalam buku Pemanfaatan Tanaman Obat untuk Kesehatan dari Kementrian Kesehatan Tahun 2010.

Ramuan Alami Atasi Sembelit

Hidup Sehat - Daun lidah buaya

1. Ramuan Daun Lidah Buaya

Bahan yang perlu disediakan :
  • Daun lidah buaya ukurang sedang sebanyak 1/2 pelepah
  • Madu sebanyak 1 sendok makan
  • Air sebanyak 1/2 gelas
Cara Pembuatan : Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil, kemudian seduh dengan 1/2 gelas air. Ditambah 1 sendok makan madu.
Cara Pemakaian : 1 porsi tersebut disajikan hangat-hangat, dengan pemberian 2x sehari.

Hidup Sehat - Daun handeuleum

2. Ramuan Daun Handeuleum

Bahan yang perlu disediakan :
  • Daun handeuleum sebanyak 7 lembar
  • Air sebanyak 2 gelas
Cara Pembuatan : Daun handeuleum direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah.
Cara Pemakaian : 1 porsi tersebut diminum sekaligus pada pagi hari.

Hidup Sehat - Akar kelembak

3. Ramuan Akar kelembak

Bahan yang perlu disediakan :
  • Akar kelembak sebanyak 2 gram
  • Air sebanyak 2 gelas
Cara Pembuatan : Akar kelembak ditumbuk halus kemudian didihkan dengan 2 gelas air sampai diperoleh 1 gelas saja.
Cara Pemakaian : 1 porsi tersebut diberikan sekaligus pada pagi hari.

Hidup Sehat - Buah konyal (Markisa)

4. Ramuan Buah Konyal (Markisa)

Bahan yang perlu disediakan :
  • Buah konyal sebanyak 5 buah
  • Air secukupnya
Cara Pembuatan : Buah konyal dibersihkan terlebih dahulu, ambil bagian dalamnya (isi buahnya) kemudian tambahkan sedikit air, diblender termasuk bijinya.
Cara Pemakaian : 1 porsi tersebut diminum sekaligus pada pada pagi hari.

Tentu saja selain saran umum dan ramuan yang diberikan, pola hidup sehat dengan olahraga, sering memijat perut dan punggung, membiasan diri buang air besar secara rutin (dapat dilakukan dengan bowel training) perlu juga dilakukan. Pencegahan juga yang dapat diberikan diantaranya : Sebaiknya jangan jajan atau membeli makanan di sembarang tempat, Minum air putih minimal 2 liter perhari, Olahraga minimal 10-15 menit sehari dengan porsi ringan sampai sedang, Konsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran, Tidur minimal 4 jam sehari, Konsumsi makanan yang mengandung banyak anti peradangan (alpukat, apel dan kelapa). Semua hal tersebut saling melengkapi dan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kita yang perlu diusahakan dan dibiasakan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2, 3, 4, 5

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »