Alur Penanganan Awal Diare pada Bayi (Seri ke-1)

Hidup Sehat - Waspada diare pada bayi
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Kita mengetahui ada 6 faktor yang menyebabkan terjadinya diare atau mencret, yaitu Infeksi, Gangguang penyerapan nutrisi (Malabsorbsi), Keracunan makanan, Immunodeficiency atau penurunan kekebalan tubuh dan Stres/Depresi (Baca : 3 ramuan alami atasi mencret). Pada bayi atau anak usia dibawah 1 tahun, terjadinya diare akan menyebabkan beberapa gangguan, diantaranya : Dehidrasi, Buang air kecil (BAK) lebih sering dari kondisi normal, Bayi rewel, Sedikit air mata saat menangis, Ubun-ubun cekung, Kulit tidak elastis, Demam (umumnya demam lebih dari 38 derajat celcius), Bayi merintih karena perut sakit/nyeri, Lesu, Muntah-muntah. Sedangkan tanda bahaya yang perlu dikenali untuk bayi tersebut dibawa ke rumah sakit terdekat yaitu :
  1. Mengantuk namun tidak wajar
  2. Mata cekung dan atau lidah kering
  3. Tinda menghitam atau bernoda darah
  4. Bayi menolak untuk disusui lebih dari 3 jam (pada bayi usia dibawah 3 tahun) atau lebih dari 6 jam (pada bayi usia diatas 3 bulan).

Alur Penanganan Diare pada Bayi

Diare pada bayi perlu penanganan segera, namun tetap saja dibutuhkan ketenangan dari orang tua, dan orang tua perlu memahami penanganan awal dari diare pada bayi supaya tidak terjadi hal-hal yang membahayakan. Berikut penanganan awal diare pada bayi diambil dari buku Dokter di Rumah Anda.

Hidup Sehat - Perlu perhatian ekstra pemberian susu pada bayi

1. Adakah salah satu gejala berikut pada si bayi : Demam, Enggan makan, Muntah?

  • Ya : Kemungkinan penyebab gastroenteritis yaitu infeksi sistem percernaan yang seringkali oleh virus. Tindakan yang perlu dilakukan adalah pencegahan dehidrasi dengan tetap mengkonsumsi air susu ibu (ASI).
  • Tidak : Masuk ke pertanyaan ke-2

2. Bila si bayi minum susu botol, apakah susunya ditambah gula?

  • Ya : Kemungkinan karena ketidakmampuan bayi dalam mencerna gula. Kelebihan gula pada bayi dapat menyebabkan efek laksatif sehingga menyebabkan diare. Tindakan yang perlu dilakukan adalah perhatikan baik-baik makanan atau minuman yang diberikan kepada sang bayi dan jangan menambahkan gula.
  • Tidak : Masuk ke pertanyaan ke-3

3. Apakah anda harus memperkenalkan jus buah ke dalam makanan bayi anda atau menambah jumlah jus buah?

  • Ya : Kemungkanan karena gula alami dalam jus buah dapat menimbulkan diare pada bayi. Tindakannya adalah dengan senantiasa mengencerkan jus jeruk untuk bayi, berikan hanya minuman khusus untuk bayi serta apabila minuman dengan kemasan sebaiknya baca petunjuknya dengan baik-baik.
  • Tidak : Masuk ke pertanyaan ke-4

4. Apakah anda memberi ASI dan baru meminum suatu obat resep atau obat bebas, atau baru memakan makanan berbumbu yang tidak biasa?

  • Ya : Kemungkinan penyebab adalah diare bayi anda mungkin karena obat atau bumbu makanan yang tersalur ke dalam ASI dan mempengaruhi bayi anda. Tindakan yang perlu dilakukan adalah hentikan pemakaian obat bebas dan tanyakan kepada dokter anda mengenai obat yang anda konsumsi serta pengaruhnya terhadap bayi, untuk makanan berbumbu sebaiknya hindari terlebih dahulu.
  • Tidak : Masuk ke pertanyaan ke-5

5. Apakah si bayi sedang minum obat-resep?

  • Ya : Kemungkinan penyebabnya adalah obat-obatan semisal antibiotik dapat menyebabkan diare. Tindakan yang perlu dilakukan adalah segera hubungi dokter sebelum jadwal pemberian obat berikunya serta tanyakan dampak atau efek dari obat tersebut terhadap bayi anda.
  • Tidak : Masuk ke pertanyaan ke-6

Dilanjutkan pada seri ke-2 Alur Penanganan Awal Diare pada Bayi. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan.

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »