Begadang Menyenangkan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Sahabat Revolusi Ilmiah yang berbahagia, pernahkah anda begadang atau terpaksa harus begadang karena mungkin harus menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, mempersiapkan bahan ujian keesokan hari atau karena ada suatu acara yang sampai malam seperti nonton bareng piala dunia (mudah-mudahan tidak mengganggu aktivitas). Memang tidak dipungkiri, aktivitas begadang ternyata memang diperlukan dalam kasus-kasus tertentu, namun tahukah sahabat bahaya dari begadang itu sendiri, tentu saja apabila dilakukan secara berlebihan. Berikut beberapa bahaya dari begadang (sumber: merdeka.com) :
Hidup Sehat - Begadang
  • Obesitas/Kegemukan. Obesitas terjadi akibat gangguan pada metabolisme tubuh, apalagi ditambah konsumsi dengan kandungan lemak tinggi pada saat begadang.
  • Melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut terjadi tentu saja akibat kurang tidur, sehingga sel darah putih yang merupakan salah satu sistem kekebalan tubuh terganggu.
  • Mengganggu jam biologis tubuh. Dalam tubuh terdapat jam biologis yang merupakan suatu bentuk kebiasaan. Jam tersebut dapat terganggu manakala kegiatan begadang terus dilakukan, bahkan bisa terjadi pembentukan jam biologis baru.
  • Penyakit jantung. Salah satu faktor penyebab terjadinya sakit jantung adalah kurangnya tidur, hal tersebut sangat erat kaitannya dengan pengaturan sistem kardiovaskuler.
  • Diabetes/Penyakit gula. Gangguan tidur dapat pula mengganggu sistem hormonal tubuh. Sistem inilah yang dapat memicu terjadinya gangguan keseimbangan gula (intoleransi glukosa) yang ada hubungannya dengan produksi insulin dalam tubuh.
  • Stroke. Serangan stroke sering pula terjadi akibat kurang tidur. Kondisi tubuh yang lemah akibat kurang tidur serta gangguan dari sistem kardiovaskuler dapat menjadi pemicu terjadinya serangan stroke.
  • Tekanan darah tinggi. Umumnya orang yang sering begadang memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak sering begadang. Pemicunya adalah karena fisik dan pikiran orang yang begadang umumnya memiliki waktu yang lebih singkat untuk istirahat.
  • Sakit kepala. Sakit kepala yang umum terjadi adalah akibat kurang istirahat dan stres, kebiasaan begadang dapat memperberat gejala sakit kepala terutama orang yang memiliki riwayat sakit kepala sebelumnya.
  • Melemahkan saraf (terutama sistem refleks). Tubuh manusia memiliki sistem refleks sebagai salah satu bentuk pertahanan tubuh. Pada kondisi tubuh yang kurang fit akibat kurang tidur, sistem saraf tersebut menjadi lemah.

5 Saran Begadang Menyenangkan

Hidup Sehat - Olahraga rutin
Dalam dunia kesehatan, begadang memang bukan sesuatu yang dilarang. Namun melihat dari efek negatif yang ditimbulkan tentu saja begadang yang berlebihan dan terus menerus sangat mengganggu kesehatan. Berikut 5 tips bagaimana supaya aktivitas begadang dapat menyenangkan dan tentu saja tidak mengganggu kesehatan secara umum.

1. Hindari makan berlebihan sebelum begadang

Sebelum begadang, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan porsi sedang dan hindari makanan yang tinggi lemak. Hal tersebut disebabkan karena makanan yang terlalu banyak akan lebih menguras aktivitas organ dalam tubuh, begitu pula dengan makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi.

2. Lakukan olahraga rutin setiap hari

Olahraga dengan porsi sedang yang rutin setiap hari dilakukan ternyata dapat membantu seseorang mengoptimalkan kerja tubuh, terutama saat begadang, namun tentu saja dalam batas kewajaran tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan vitalitas dan imunitas tubuh.

3. Biasakan untuk tidur siang

Tidur siang 1 jam ternyata memiliki efek yang baik untuk mempersiapkan aktivitas begadang. Tidur siang dapat menjadi sarana mengistirahatkan tubuh setelah aktivitas rutin pagi dan siang, membuat tubuh lebih rileks dan mengurangi beban psikologis akibat aktivitas tersebut.

4. Hindari obat stimulan

Obat-obat stimulan untuk begadang sangat tidak disarankan, hal tersebut dikarenakan gangguan yang ditimbulkan terhadap saraf terutama saraf otak terutama penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

5. Luangkan waktu istirahat selama begadang

Luangkan waktu minimal 10-15 menit untuk mengistirahatkan organ tubuh semisal mata, kaki dan tangan, apabila anda begadang dalam waktu lebih dari 2 jam, hal tersebut selain untuk menjaga kesehatan organ tersebut, juga dapat memberikan hasil yang lebih optimal dan mengurangi kebosanan dalam begadang tersebut.

Demikian 5 saran tersebut dapat diterapkan apabila kita ingin begadang atau mau begadang. Namun sekali lagi bahwa aktivitas tersebut tidak boleh dilakukan secara berlebihan dan terus menerus, karena dapat mengganggu kesehatan secara umum. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »