3 Ramuan Alami Atasi Luka Bakar

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Luka bakar merupakan cedera yang terjadi pada kulit atau daging yang disebabkan oleh panas, zat kimia, listrik, radiasi atau gesekan. Secara umum luka bakar dibagi menjadi 4 derajat luka. Derajat I jika yang terkena kulit bagian luar/superfisial warna merah tanpa lepuh, Derajat II mengenai sebagian lapisan kulit sampai ke dermis warna warna merah sampai kuning bisa melepuh, Derajat III meluas sampai seluruh lapisan dermis warna putih atau coklat kaku, Derjat IV Meluas keseluruh lapisan kulit bahkan sampai lemak otot dan tulang dibawahnya warna hitam/hangus.


Revolusi Ilmiah - Jenis luka bakar

Ramuan Alami Atasi Luka Bakar

Tindakan awal dari luka bakar adalah resusitasi atau pertolongan awal dengan menilai dan menstabilkan jalan nafas, pernafasan serta peredaran darah/sirkulasi penderita. Setelah kondisi penderita stabil baru dilakukan luka bakar tersebut diatasi. Selain cara konvensional yang ada baik itu dengan antibiotik, ada pula cara ramuan alami dengan bahan bahan-bahan alam yang mudah kita dapatkan.

Revolusi Ilmiah - Getah buah pepaya

1. Ramuan getah buah pepaya

Bahan yang digunakan :
  • Getah buah pepaya sebanyak 1 sendok makan
  • Minyak kelapa sebanyak 1 sendok makan
Cara pembuatan : Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata.
Cara pemakaian : Dioleskan pada luka bakar baru.
Hal yang perlu diperhatikan : Hati-hati jangan sampai terkena mata (karena dapat menyebabkan kebutaan) serta jangan diolekan ditempat terbuka.

Revolusi Ilmiah - Ramuan daun dewa

2. Ramuan daun dewa

Bahan yang digunakan :
  • Daun dewa secukupnya atau
  • Daun sosor bebek secukupnya
Cara pembuatan dan pemakaian : Cuci bersih daun dewa atau daun sosor bebek kemudian remas-remas sampai keluar cairan nya. Kemudian tempelkan ke luka bakar untuk mengatasi luka bakar tersebut agar tidak melepuh.

Revolusi Ilmiah - Lidah buaya

3. Ramuan lidah buaya

Bahan yang digunakan :
  • Lidah buaya 1 pelepah
Cara pembuatan : Kupas pelepah lidah buaya, isi/dagingnya dilumatkan
Cara pemakaian : Dioleskan pada luka bakar yang baru.

Demikian 3 ramuan alami yang dapat membantu mengatasi luka bakar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan ramuan alami ini adalah : 1. Ramuan ini hanya untuk luka bakar yang baru dan ringan serta belum melepuh, 2. Apabila daerah yang terbakar luas segera rendam dalam air hingga rasa panas hilang atau berkurang, 3. Luka bakar yang dalam atau telah melepuh maupun terken daerah vital seperti muka, dada dan kemaluan segera bawa ke layanan kesehatan terdekat (puskesmas atau rumah sakit).

Penanganan luka bakar yang baik dapat mempercepat proses penyembuhan dan meminimalisasi kerusakan jaringan yang terjadi. Saran yang lain selain penanganan luka adalah guna meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan adalah asupan gizi dari makanan, makanlah banyak sayur-sayuran dan buah. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2, 3, 4

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »