Cetak Rekor, Audi Tanpa Supir Berkecepatan 240 Km/Jam

Revolusi Ilmiah - Hockenheim

Ada kabar gembira dari Jerman terkait teknologi otomotif tanpa pengendara. Baru-baru ini Industri mobil Audi (merupakan salah satu produsen mobil dari Jerman yang menjual mobil untuk kalangan menengah dan atas, Audi juga pemilik merek Ducati dan Lamborghini) mengatakan bahwa mobil Audi RS7 mencetak rekor kecepatan mobil tanpa supir sampai 240km/jam di sirkuit Hockenheim. Mobil tersebut hanya butuh dua menit lebih untuk menyelesaikan satu putaran sirkuit di sebelah selatan Frankfurt, yang juga digunakan untuk balapan Formula Satu.

Revolusi Ilmiah - Mobil tanpa supir

Memecahkan Rekor

Upaya memecah rekor itu merupakan bagian dari rencana mereka membawa mobil tanpa supir atau yang sering disebut dengan pilot driving di jalan raya. Audi yang merupakan divisi dari VW juga menggunakan supir untuk melakukan putaran satu lap sebagai perbandingan, yang lebih lambat lima detik dibanding mobil tanpa supir. 
Revolusi Ilmiah - Audi RS 7
Seorang anggota tim peneliti Audi mengungkapkan keyakinan bahwa inovasi mobil tanpa awak kelak akan bisa digunakan khalayak umum. "Saya tahu bahwa menyetir tanpa kecelakaan masih merupakan visi. Tapi paling tidak kita bisa mengurangsi jumlah kecelakaan di masa depan," kata Dr Horst Glaser. "Mobil tanpa awak mengurangsi situasi seperti, misalnya, saat jalanan macet. Ketika supir terpecah perhatian atau kehilangan perhatian, mobil bisa mengambil alih." Lanjutnya. Dalam situasi itu supir jusa bisa punya waktu untuk bersantai. "Artinya mereka menjadi awas sepenuhnya begitu perhatiannya kembali diperlukan," tambah Dr Horst.

Semoga dengan berbagai penelitian dan penemuan kemudahan dalam kemudi maupun teknologi yang lain membuat manusia semakin nyaman namun tetap ramah terhadap lingkungan. Bukankah manusia dan lingkungan itu harus selaras? (okw)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »