Mengapa Harus Sikat Gigi Sebelum Tidur?

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Gigi memiliki struktur yang bervariasi sesuai dengan tugas dan fungsinya. Fungsi utama gigi adalah merobek dan mengunyak makanan. Gigi memiliki struktur pelindung yang biasa disebut email gigi (Fungsi email gigi adalah membantu mencegah gigi berlubang), akar gigi tertutup oleh gusi sehingga akar ini terlindung dari luar (kalau sampai terbuka, maka gigi akan terasa nyeri). Gigi perlu dijaga supaya tetap bersih dan sehat. Pada sebagian orang, gigi menjadi salah satu ukuran kesehatan dan tren. Merawat gigi salah satunya adalah dengan menggosok gigi (Baik sesudah makan dan sebelum tidur). Mengapa menggosok gigi sebelum tidur penting?

Revolusi Ilmiah - Kebiasaan baik gosok gigi sebelum tidur malam

Manfaat Gosok Gigi Sebelum Tidur

Banyak yang beranggapan bahwa menggosok gigi yang baik adalah pagi dan sore hari, karena aktifitas pada kedua waktu tersebut tinggi, ditambah dengan kegiatan makan ada pada waktu itu. Tapi ternyata, menggosok gigi pada malah hari tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, berikut alasan mengapa kita harus menggosok gigi sebelum tidur :

1.  Bakteri di gigi lebih aktif pada malam hari

Bakteri-bakteri perusak gigi umumnya lebih aktif dalam kondisi mulut yang kekurangan air liur, misalnya waktu tidur malam, sehingga apabila kondisi mulut kurang bersih maka bakteri ini akan lebih cepat dalam proses pengrusakan gigi dan gusi.

2. Kebiasaan ngemil di malam hari

Tidak sedikit dari kita yang suka ngemil di malam hari, apalagi kalau harus begadang karena melihat acara televisi maupun pekerjaan kantor. Tentu saja setelah ngemil, kebersihan mulut menjadi kurang dan sering kali dengan kebersihan mulut yang kurang langsung tidur atau tertidur, akibatnya bakteri di mulut menjadi lebih banyak dan kerusakan gigi lebih cepat.

Revolusi Ilmiah - Cara gosok gigi yang baik

3. Berkumur saja tidak cukup

Apabila seseorang sudah menggosok gigi pada waktu sore hari, rata-rata beranggapan bahwa sebelum tidur kita cukup berkumur saja, tanpa perlu menggosok gigi. Pandangan tersebut kurang tepat, karena berkumur tidak dapat membersihkan gigi sebersih menggosok gigi, terutama kotoran yang berada di sela-sela gigi.

4. Mengurangi bau mulut di pagi harinya

Bau mulut disebabkan karena bakteri yang ada di rongga mulut, semakin banyak bakteri di rongga mulut semakin bau pula bau mulut, apalagi pada waktu sebelum tidur tidak menggosok gigi, pasti bakteri yang ada dalam rongga mulut lebih banyak daripada yang menggosok gigi sebelum tidur.

Demikian 4 alasan mengapa kita perlu menggosok gigi sebelum tidur. Kebiasaan yang berdampak baik perlu dibiasakan, supaya kesehatan tubuh terutama gigi tetap terjaga. Kalau gigi sehat dan kuat serta bau mulut hilang, tentu saja yang menikmatinya kan kita sendiri dan orang disekitar kita, betul?. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »